Penulis Utama : Novita Sari Simanjuntak
NIM / NIP : S991508016
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat: 1) pengaruh pendidikan keluarga secara parsial terhadap literasi keuangan siswa kelas XI IPS SMA Negeri Jambi; 2)  pengaruh pembelajaran ekonomi secara parsial terhadap literasi keuangan siswa kelas XI IPS SMA Negeri Jambi; 3) pengaruh hasil belajar secara parsial terhadap literasi keuangan siswa kelas XI IPS SMA Negeri Jambi; 4) pengaruh pendidikan keluarga, pembelajaran ekonomi dan hasil belajar secara simultan terhadap literasi keuangan siswa kelas XI IPS SMA Negeri Jambi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi Penelitian ini berjumlah 1334 siswa dan sampel diambil sebanyak 93 siswa kelas XI IPS  yang aktif dan terdaftar sebagai siswa di SMAN Jambi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi angket, tes, wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian dilakukan pengolahan data menggunakan teknik analisis regresi dengan dibantu program SPSS.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendidikan keluarga, pembelajaran ekonomi dan hasil belajar secara simultan terhadap literasi keuangan. Dengan sumbangan efektif sebesar 52,4% dan 47,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Model hubungan dari keempat variabel tersebut adalah ? = 40,38 + ?0,245 X?_1 + ?0,091 X?_2 + ?0,821 X?_3 dan model ini signifikan secara statistik. Hal ini ditunjukkan melalui perolehan Fhitung = 32,623 yang lebih besar dari Ftabel = 2,71 pada ? 0.05. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pendidikan keluarga, pembelajaran ekonomi, dan hasil belajar berpengaruh terhadap literasi keuangan siswa kelas XI IPS SMA Negeri Jambi.

Kata Kunci : Literasi Keuangan, Pendidikan Keluarga, Pembelajaran Ekonomi dan Hasil Belajar

×
Penulis Utama : Novita Sari Simanjuntak
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991508016
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Pendidikan Keluarga, Pembelajaran Ekonomi dan Hasil Belajar terhadap Literasi Keuangan Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Kota Jambi 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Ekonomi-S991508016-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Siswandari, M.Stat.
2. Dr. Hery Sawiji, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.