Penulis Utama : Shania Puspita Sari
NIM / NIP : M0113046
×

Abstrak

Krisis keuangan yang telah beberapa kali menerpa Indonesia membuat perlu adanya pendeteksian dini untuk meminimalisir dampak krisis. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mendeteksi krisis adalah dengan memodelkan data indikator  krisis menggunakan gabungan model volatilitas dengan Markov switching. Terdapat beberapa indikator yang mampu men- deteksi krisis keuangan pada suatu negara. Tiga diantaranya yaitu indikator selisih suku bunga pinjaman dengan simpanan, suku bunga simpanan riil,dan selisih BI rate riil dengan Fed rate riil yang dapat dikatakan sebagai indikator kondisi perbankan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gabungan model volatilitas dengan Markov switching terbaik yang dapat digunakan untuk ketiga indikator tersebut yaitu model MS-GARCH (3,1,1) dengan asumsi tiga state. Krisis  pa- da pertengahan tahun 1997 hingga 1998 berhasil terdeteksi oleh nilai smooth- ed probability dari ketiga indikator pada batas tertentu. Prediksi untuk tahun
2017 berdasarkan ketiga indikator  menunjukkan tidak  ada tanda-tanda akan
terjadi krisis.

Kata Kunci : pendeteksian krisis, MS-GARCH, perbankan, suku bunga

×
Penulis Utama : Shania Puspita Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0113046
Tahun : 2017
Judul : Pendeteksian Dini Krisis Keuangan di Indonesia Menggunakan Gabungan Model Volatilitas dengan Markov Switching Berdasarkan Indikator Kondisi Perbankan (Studi Kasus pada Indikator Selisih Suku Bunga Pinjaman dengan Simpanan, Suku Bunga Simpanan Riil, dan Selisih BI Rate Riil dengan Fed Rate Riil)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2017
Program Studi : S-1 Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. MIPA Jur. Matematika-M0113046-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sugiyanto, M.Si. dan Dra. Etik Zukhronah, M. Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.