Penulis Utama : Cornelia Ardiana Savita
NIM / NIP : M0113011
×

Abstrak

Kemiskinan  merupakan keadaan dimana seorang individu  atau sekelom- pok orang tidak mampu memenuhi kehidupan dasarnya, seperti makanan, pakai- an, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan  menjadi salah satu permasalahan mendasar dalam pembangunan ekonomi yang sedang dihada- pi negara berkembang seperti Indonesia. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), persentase penduduk miskin di Provinsi Jawa Tengah menunjukkan penurunan setiap tahunnya.  Walaupun demikian penurunannya belum signi?kan sehingga perlu adanya upaya lebih lanjut.
Kemiskinan di suatu wilayah dipengaruhi kedekatan wilayah di sekeliling- nya sehingga digunakan model regresi spasial. Data persentase penduduk miskin memiliki heterogenitas eror pada model regresi spasial.  Oleh karena itu, meto- de ensemble  digunakan untuk mengurangi keragaman yang terjadi pada model regresi spasial. Berdasarkan uji Lagrange Multiplier, dependensi spasial yang terpenuhi hanya dependensi spasial eror sehingga metode ensemble  yang digu- nakan metode ensemble non-hybrid.  Tujuan penelitian ini adalah menentukan faktor apa saja yang berpengaruh dan menerapkan model regresi spasial ensem- ble non-hybrid pada data kemiskinan di Provinsi Jawa Tengah dengan pembobot persinggungan sisi-sudut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi ke- miskinan di Provinsi Jawa Tengah adalah persentase rumah tangga yang meng- gunakan jamban sendiri/bersama (X8), persentase rumah tangga yang pernah membeli beras miskin (X9), dan persentase laju pertumbuhan penduduk (X10 ). Model  regresi spasial ensemble non-hybrid  memiliki nilai koe?sien determinasi (R2) sebesar 0,7359.  Hal ini menunjukkan  73,59% persentase penduduk  miskin di Provinsi Jawa Tengah tahun 2015 dapat dijelaskan oleh ketiga variabel inde- penden.

Kata Kunci : kemiskinan, regresi spasial, ensemble non-hybrid

×
Penulis Utama : Cornelia Ardiana Savita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0113011
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Regresi Spasial Ensemble Non-Hybrid pada Data Kemiskinan di Provinsi Jawa Tengah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2017
Program Studi : S-1 Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. MIPA Jur. Matematika-M0113011-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sri Sulistijowati H, M.Si.
2. Bowo Winarno, S.Si., M.Kom.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.