Penulis Utama : Intan Kustyarini
NIM / NIP : K7114074
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menerapkan Mind Mapping guna meningkatkan keterampilan menyimak cerita, dan (2) mendeskripsikan langkah- langkah penerapan Mind Mapping yang tepat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menyimak cerita pendek. Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas (PTK) yang dilakukan selama dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Sigit II tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.  Validitas data  menggunakan  validitas  isi,  triangulasi  teknik  dan triangulasi sumber.

Hasil   penelitian   ini   menunjukan   bahwa   nilai   rata-rata   keterampilan menyimak cerita pendek pada prasiklus 60 dengan ketuntasan klasikal 20%. Pada siklus  I  nilai  rata-rata  keterampilan  menyimak  siswa  meningkat  menjadi  65 dengan ketuntasan klasikal 53,33%. Pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 80 dengan ketuntasan klasikal menjadi 86,66%. Simpulan penelitian ini adalah:   (1)   penerapan   Mind   Mapping   dapat   meningkatkan   keterampilan menyimak cerita pendek, dan (2) terdeskripsikannya langkah-langkah penerapan Mind Mapping yang tepat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menyimak cerita pendek.

×
Penulis Utama : Intan Kustyarini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114074
Tahun : 2018
Judul : Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Pendek Melalui Penerapan Mind Mapping (Penelitian Tindak Kelas pada Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Sigit II Kecamatan Tangen Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2017/2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7114074-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hadi Mulyono, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.