Penulis Utama : Isca Yunitasari
NIM / NIP : M0113023
×

Abstrak

Kematian ibu menjadi salah satu indikator penting untuk menilai derajat kesehatan masyarakat di suatu wilayah. Kematian ibu diukur berdasarkan Angka Kematian Ibu (AKI). AKI di Provinsi Jawa Tengah cenderung meningkat setiap tahunnya.  Untuk menurunkan AKI tersebut, perlu mengidenti?kasi keterkait- an kematian ibu dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Kasus kematian ibu dipengaruhi oleh kondisi geogra?s dan kejadiannya merupakan kejadian berdis- tribusi Poisson.  Oleh karena itu, model yang sesuai untuk kasus kematian ibu adalah model geographically weighted poisson regression (GWPR).
Model GWPR memerlukan pembobot dalam mengestimasi parameter mo- del. Pembobot menunjukkan hubungan antara satu wilayah dengan wilayah lain. Dalam penelitian ini dipilih pembobot fungsi kernel Gaussian dan bisquare karena kedua pembobot tersebut menggunakan unsur jarak antar wilayah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan model GWPR dengan pembobot fungsi kernel Gaussian dan bisquare pada jumlah kematian ibu serta memilih model yang lebih baik menggunakan nilai Akaike Information  Criterion  (AIC ).
Hasil penelitian ini diperoleh model yang berbeda untuk 35 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah, dan menunjukkan bahwa nilai AIC  model GWPR de- ngan pembobot fungsi kernel bisquare sebesar 103.849.  Nilai tersebut lebih ke- cil dari nilai AIC  model GWPR dengan pembobot fungsi kernel Gaussian yaitu 113.0072, sehingga model GWPR dengan pembobot fungsi kernel bisquare lebih
baik untuk digunakan. Selain itu, diperoleh empat kelompok wilayah yang me-
miliki faktor yang sama dan berpengaruh signi?kan terhadap jumlah kematian
ibu di Provinsi Jawa Tengah.

Kata Kunci : Kematian  ibu, GWPR, fungsi kernel Gaussian, fungsi kernel bi- square

×
Penulis Utama : Isca Yunitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0113023
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Geographically Weighted Poisson Regression pada Jumlah Kematian Ibu di Provinsi Jawa Tengah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2017
Program Studi : S-1 Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. MIPA Jur. Matematika-M0113023-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sri Sulistijowati H, M.Si.
2. Santoso Budi Wiyono, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.