Penulis Utama : Latifah Nur Khasanah
NIM / NIP : K7114093
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestethic (VAK) untuk meningkatkan pemahaman konsep energi pada siswa kelas III H SD Ta’mirul Islam Surakarta tahun ajaran 2017/2018.

Bentuk penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus dan setiap siklusnya terdapat dua kali pertemuan. Kemudian setiap siklus yang dilaksanakan terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III H SD Ta’mirul Islam Surakarta dengan jumlah 25 siswa. Sumber data dari penelitian ini berasal dari guru kelas III H, siswa kelas III H, kegiatan belajar mengajar, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik uji validitas datanya validitas isi. Kemudian teknik  analisis data ini  yaitu menggunakan  model analisa data interaktif dari Miles dan Huberman.

Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai pemahaman konsep energi dari nilai pratindakan sampai dilaksanakannya siklus II. Pada pratindakan, tingkat ketuntasan klasikal hanya 12% dengan nilai rata-rata 55,28. Kemudian pada siklus I ketuntasan klasikalnya hanya meningkat 12,50% dengan rata-rata nilai 67,47. Dan pada siklus II,tingkat ketuntasannya mencapai 95,45 dengan rata-rata nilai 84,40. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestethic (VAK) dapat meningkatkan pemahaman konsep energi pada siswa kelas III H SD Ta’mirul Islam Surakarta tahun ajaran 2017/2018.

 

×
Penulis Utama : Latifah Nur Khasanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114093
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestethic (VAK) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sumber Energi (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III H SD Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7114093-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hadi Mulyono, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.