Penulis Utama : Mar’ Atun Sholikhah
NIM / NIP : K8113048
×

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan metode bercerita menggunakan boneka tangan dengan gambar seri terhadap kecerdasan linguistik anak  TK  kelompok  B  Gugus  Kenanga  Kecamatan  Gombong.  Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian adalah Pretest-Posttest Control Group Design.

Penelitian   ini   dilaksanakan   di   TK   se-Gugus   Kenanga   Kecamatan Gombong, yang meliputi 4 sekolah yaitu TK Pertiwi 1 Gombong, TK Pertiwi 7 Kemukus, TK Pertiwi 11 Kalitengah dan TK Pertiwi 4 Patemon. Populasi penelitian ini adalah anak kelompok B di TK pada Gugus Kenanga Kecamatan Gombong yang berjumlah 141 anak. Teknik pengumpulan data melalui tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskripstif Penelitian dengan metode bercerita menggunakan boneka tangan diperoleh hasil yaitu nilai pretest terendah 6 sedangkan posttest nilai terendahnya sebesar 9. Nilai tertinggi pretest 11 sedangkan posttest 16. Sedangkan rata-rata pretest 8,5192 dan posttest 12,9808. Sedangakan penelitian dengan metode bercerita menggunakan gambar seri diperoleh hasil yaitu nilai pretest terendah 6 sedangakan posttets nilai terendahnya sebesar 8. Dan nilai tertinggi pada pretest gambar seri adalah 13 sedangkan posttest 18. Perolehan rata-rata pada pretest adalah 8,8462 sedangkan posttest 12,8654.

Hasil penelitian menunjukkan kecerdasan linguistik anak TK kelompok B Gugus Kenanga Kecamatan Gombong dengan menggunakan metode bercerita boneka tangan lebih optimal dibandingkan dengan metode gambar seri. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil pengujian hipotesis dapat dipaparkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,006 yang lebih kecil dari ? (5%) maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Perolehan rata-rata posttest lebih besar boneka tangan dibandingkan gambar seri terhadap kecerdasan linguistik anak. Perbedaan hasil rata-rata yang diperoleh adalah 0,1154.

 

×
Penulis Utama : Mar’ Atun Sholikhah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8113048
Tahun : 2018
Judul : Perbandingan Metode Bercerita Menggunakan Boneka Tangan dengan Gambar Seri Terhadap Kecerdasan Linguistik Anak TK Kelompok B Gugus Kenanga Kecamatan Gombong
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Anak Usia Dini-K8113048-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ruli Hafidah, S.Pd., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.