Penulis Utama : Wulan Nurjanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4412081
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Joyful Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Sejarah Kelas XI IPS 2 SMA Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Sejarah- K4412081-2017
Subyek : JOYFUL LEARNING
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 2 SMA Islam 1 Surakarta dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif berbasis Joyful Learning.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kert  Lewin,   yaitu  dimulai  dari  tahap  perencanaan,  pelaksanaan  tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Islam 1 Surakarta yang berjumlah 25 siswa. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Uji validitas data menggunakan Triangulasi, yaitu Triangulasi metode dan data. Sedangkan analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif berbasis joyful learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Islam 1 Surakarta. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan persentase pencapaian indikator motivasi belajar dengan kategori tinggi dan sangat tinggi yaitu pada tahap siklus I sebesar 72,2?n pada tahap siklus   II  meningkat   menjadi   86,40%.   (2)   Penerapan   model   pembelajaran kooperatif  berbasis  joyful  learning  dapat  meningkatkan  prestasi  belajar  siswa kelas XI IPS 2 SMA Islam 1 Surakarta. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan persentase pencapaian ketuntasan minimal hasil belajar (KKM=75) pada mata pelajaran sejarah. Pada tahap prasiklus mencapai 52%, pada tahap siklus I meningkat menjadi 56?n pada tahap siklus II meningkat lagi menjadi 84%.

Kata Kunci : Motivasi belajar, Prestasi belajar, Joyful Learning

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Leo Agung S. M.Pd.,
2. Dra. Sri Wahyuni M.Pd.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP