Penulis Utama : Yosie Dyahayu Kusumaningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113239
Tahun : 2017
Judul : Penggunaan Model Pembelajaran Visual Auditory, Kinestethic (VAK) untuk Meningkatkan Keterampilan Menggambar Ilustrasi (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V di SD Negeri 01 Bratan Surakarta pada Tahun Ajaran 2016/2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. PGSD-K7113239-2017
Subyek : VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTETHIC (VAK)
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menggambar ilustrasi melalui model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestethic (VAK) pada siswa kelas V Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2016/2017.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 34 siswa. Sumber data berasal dari guru kelas V dan data nilai keterampilan menggambar ilustrasi prasiklus maupun saat tindakan. Teknik pengumpulan data adalah hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan validitas isi. Analisis datanya adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestethic (VAK) dapat meningkatkan keterampilan menggambar ilustrasi pada siswa kelas V Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2016/2017. Indikator pencapaian pada penelitian ini adalah 75. Nilai rata-rata keterampilan menggambar ilustrasi pada prasiklus adalah 68,00 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 34,37%. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 77,16 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 46,88%. Pada siklus II, nilai rata- rata kelas meningkat 78,94 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 81,25%. Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestethic (VAK) dapat meningkatkan keterampilan menggambar ilustrasi pada siswa kelas V Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2016/2017.


Kata Kunci : Visualization, Auditory, Kinestethic (VAK), Keterampilan Menggambar Ilustrasi

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Lies Lestari, M.Pd.,
2. Karsono, S.Sn, M.Sn.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP