Penulis Utama : Nur Aziz Masykuri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2513050
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Penambahan Etanol Dalam Bahan Bakar dan Pemanasan Bahan Bakar Melalui Pipa Bersirip Persegi di Dalam Upper Tank Radiator Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Toyota Kijang.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kip - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP, Jur Pendidikan Teknik Mesin-K2513050-2017
Subyek : ETANOL, BAHAN BAKAR, PEMANASAN BAHAN BAKAR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Menyelidiki pengaruh penambahan tanol dalam bahan bakar terhadap konsumsi bahan bakar pada mesin Toyota Kijang, (2) Menyelidiki  pengaruh pemanasan bahan bakar pertalite melalui pipa bersirip  persegi di dalam  upper tank  radiator terhadap konsumsi bahan bakar pada mesin Toyota Kijang, (3) Menyelidiki banyaknya campuran etanol pada bahan bakar yang terbaik bila dilakukan perlakuan pemanasan bahan bakar pertalite melalui pipa bersirip persegi di dalam upper tank radiator terhadap konsumsi bahan bakar pada mesin Toyota Kijang.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan analisis data deskriptif. Sampel penelitian yang digunakan adalah mesin Toyota Kijang 4 silinder seri 4K. Data diperoleh dari banyaknya konsumsi bahan bakar dengan variasi persentase campuran pertalite dan etanol  0%, 5%, 10%, 15%, 20%, 25%, dan 30% menggunakan metode tanpa pemanasan bahan bakar dan menggunakan pemanasan bahan bakar pada pipa bersirip persegi di dalam upper tank radiator.
Data diperoleh dari hasil penelitian dimasukkan ke dalam tabel dan ditampilkan dalam bentuk grafik, kemudian dianalisis.
Hasil Penelitian ini adalah : (1) Penambahan etanol pada bahan bakar dapat menurunkan konsumsi bahan bakar Toyota Kijang. Variasi penambahan tanol dengan tanpa pemanasan bahan bakar jumlah konsumsi bahan bakar terendah yaitu saat penambahan kadar etanol 15% sebesar 150 ml/km atau sebesar 25,56 %, (2) Penggunaan pemanasan bahan bakar menggunakan pipa bersirip persegi di dalam  upper tank radiator menurunkan konsumsi bahan bakar pada mesin Toyota Kijang. Konsumsi bahan bakar terendah pada saat pemanasan bahan bakar menggunakan pipa bersirip persegi dengan jarak antar sirip 30 mm sebesar
146,97 ml/km atau sebesar 27,06 %. (3) Penambahan etanol pada bahan bakar dan
pemanasan bahan bakar menurunkan konsumsi bahan bakar pada mesin Toyota Kijang. Konsumsi bahan bakar terendah pada kadar etanol 15?ngan pemanasan bahan bakar menggunakan pipa bersirip persegi dengan jarak antar sirip 30 mm sebesar  122,73 ml/km atau sebesar 39,09 %.


 

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Cover.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
New Document fah_18.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Danar Susilo Wijayanto, S.T., M.Eng.
2. Ngatou Rohman, S.Pd.,M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP