Penulis Utama : Asri Arinda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S351502009
Tahun : 2017
Judul : Hak Mewaris Orang Tua terhadap Harta Waris Anaknya yang Meninggal Terlebih Dahulu di Kampung Kauman Kota Magelang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum Program Magister Kenotariatan-S351502009-2017
Subyek : HAK MEWARIS, ORANG TUA, HARTA WARIS, ANAKNYA
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui praktik pembagian warisan terhadap orang tua atas harta warisan anaknya yang meninggal terlebih dahulu pada masyarakat muslim Kampung Kauman Kota Magelang dan untuk mengetahui alasan-alasan orang tua tidak berhak mewaris atas harta warisan anaknya yang meninggal terlebih dahulu. Sebagai penelitian hukum sosio-legal dengan jenis penelitian yang bersifat kualitatif, maka jenis data yang digunakan yaitu, data primer dan data sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumen.

Hasil penelitian yang dilakukan Penulis telah diperoleh hasil bahwa pembagian hukum waris di Kampung Kauman masih terdapat pluralisme hukum yang memungkinkan masyarakat untuk memilih hukum yang akan digunakan sebagai pedoman dalam melakukan pembagian warisan. Ada masyarakat yang menggunakan hukum adat, perdata maupun hukum waris islam. Alasan orang tua tidak berhak mewaris harta waris anaknya yaitu: 1) orang tua tidak dapat mewaris harta waris anaknya karena terhalang oleh anak/keturunannya; 2) Harta pewaris yang sudah menikah merupakan harta bersama suami/istrinya, jadi orang tua tidak berhak atas harta tersebut; 3) Ketidakpahaman ahli waris terkait dengan aturan dalam pembagian waris.

Kesimpulan dari tesis ini yakni bahwa praktik pembagian di Kauman Magelang tidak hanya berpedoman pada hukum waris Islam, akan tetapi hukum perdata dan hukum adat/kebiasaan masih digunakan beberapa masyarakat sebagai pilihan hukum dalam melakukan pembagian waris.

Kata Kunci : Hak mewaris, orang tua, harta waris, anaknya

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman depan.pdf
Bab 1.pdf
Bab 2.pdf
Bab 3.pdf
Bab 4.pdf
Bab 5.pdf
pernyataan.jpg
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hari Purwadi, S.H., M.Hum.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum