Penulis Utama : Nur Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114122
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Time Token dengan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Negeri 1 Seliling Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7114122-2018
Subyek : TIME TOKEN, GAMBAR SERI, KETERAMPILAN BERBICARA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model time token dengan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 1 Seliling, (2) meningkatkan keterampilan berbicara melalui model time token dengan media gambar seri pada siswa kelas  V SDN 1  Seliling,  serta (3) mendeskripsikan  kendala dan  solusi penggunaan model time token dengan media gambar seri pada siswa kelas V SDN 1 Seliling semester genap tahun ajaran 2017/2018.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaborasi yang dilaksanakan  dalam  3  siklus  dengan  setiap  siklus  terdiri  dari  dua  pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/ observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Seliling yang berjumlah 21, 8 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Sumber data penelitian ini yaitu siswa kelas V, guru kelas, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian ini adalah (1) penerapan model time token dengan media gambar seri terdiri dari sembilan langkah, yaitu; (a) penyampaian tujuan pembelajaran, (b) penjelasan materi dengan menggunakan media gambar seri, (c) pembagian   kelompok   belajar,   (d)   pemberian   tugas,   (e)   pemberian   kupon berbicara, (f) pelaksanaan berbicara siswa, (g) penilain berbicara siswa, (h) penyimpulan materi  pengajaran,  (i) evaluasi;  (2) penerapan  model  time  token dengan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SDN 1 Seliling yang dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 66,67%, siklus II meningkat menjadi 85,71 dan pada sikus III meningkat lagi menjadi 90,45%; (3) kendala dalam pelaksanaan yaitu (a) siswa masih berebut saat berpendapat di dalam kelompoknya, (b) waktu yang digunakan   melebihi   batas.   Solusi   dari   kendala   di   atas   adalah   (a)   guru mengarahkan siswa agar tidak berebut saat berpendapat (b) guru lebih tegas dalam penggunaan waktu.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan model time token dengan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SDN 1 Seliling tahun ajaran 2017/2018.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Lembar Persetujuan Publikasi.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP