Penulis Utama : Rahmat Budiono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114135
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Discovery Learning dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Tentang Bangun Datar pada Siswa Kelas V SD Negeri 6 Panjer Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7114135-2018
Subyek : DISCOVERY LEARNING, MEDIA KONKRET, BANGUN DATAR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Discovery Learning dengan media konkret; (2) meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun datar melalui penerapan model Discovery Learning dengan media konkret; serta (3)   untuk mendeskripsikan kendala yang dialami dan solusinya dalam  penerapan model Discovery Learning dengan media konkret.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD  Negeri  6  Panjer  tahun  ajaran  2017/2018  yang  berjumlah  33  siswa.  Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan ialah teknik analisis data kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) penerapan model Discovery Learning dengan media konkret dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) stimulation dengan media konkret, (b) problem statement dengan media konkret, (c) data collection dengan media konkret, (d) data processing, (e) verification dengan  media  konkret,  (f)  generalization;  (2)  penerapan  model  Discovery Learning  dengan  media  konkret  dapat  meningkatkan  pembelajaran  tentang bangun datar, terbukti dengan adanya peningkatan persentase jumlah ketuntasan siswa, yaitu pada siklus I sebesar 85,85%, siklus II meningkat menjadi 87,87%, dan siklus III sebesar 89,39%; (3) kendala dalam penelitian ini yaitu: (a) kadang guru belum menjelaskan dengan baik konsep penggunaan media kepada siswa; (b) masih sedikit siswa yang berani bertanya; (c) waktu terbatas pada saat diskusi kelompok; (d) Masih sedikit siswa yang berani membuat hipotesis; (e) Belum semua  siswa  melakukan  penyelidikan  dengan  media konkret  dengan  baik; (f) Siswa kurang aktif dalam memberikan tanggapan hasil diskusi. Adapun solusinya, yaitu (a) berdiskusi kembali dengan guru tentang konsep penggunaan media; (b) merangsang  siswa  untuk  bertanya;  (c)  guru  lebih  jeli  lagi  dalam  pengaturan waktu; (d) guru memberikan motivasi kepada siswa agar antusias membuat hipotesis; (e) memberikan motivasi kepada siswa untuk melakukan penyeledikan; (f) memberi penghargan pada siswa yang memberi tanggapan.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Discovery Learning dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun datar pada siswa kelas V SD Negeri 6 Panjer tahun ajaran 2017/2018.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
1. HALAMAN AWAL.pdf
2. BAB I.pdf
3. BAB II.pdf
4. BAB III.pdf
5. BAB IV.pdf
6. BAB V.pdf
Lembar Persetujuan Publikasi.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyudi, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP