Penulis Utama : Rendi Febrianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114137
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dalam Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif pada Siswa Kelas IV SDN 2 Trikarso Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7114137-2018
Subyek : MODEL CIRC, MEMBACA INTENSIF
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dalam peningkatan keterampilan membaca intensif pada siswa kelas IV SDN 2 Trikarso tahun ajaran 2017/2018, (2) meningkatkan keterampilan membaca intensif melalui model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada siswa kelas IV SDN 2 Trikarso tahun ajaran 2017/2018, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaborasi. Penelitian dilaksanakan dengan tiga siklus yang terdiri atas 5 pertemuan. Pada tiap pertemuan menggunakan prosedur penelitian model spiral yang terdiri atas tahap  perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Trikarso. Sumber data penelitian ini yaitu guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penggunaan model CIRC dalam peningkatkan keterampilan membaca intensif siswa kelas IV SD Negeri 2 Trikarso tahun ajaran 2017/2018 yaitu (a) orientasi, (b) pembentukan kelompok secara heterogen, (c) pembagian bacaan sesuai dengan topik pembelajaran yang akan dibahas, (d) diskusi kelompok, (e) pembacaan hasil diskusi kelompok, (f) kesimpulan, (g) penutup, (2) penggunaan model CIRC dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa kelas IV SD Negeri 2 Trikarso tahun ajaran 2017/2018, terlihat dari jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal 75 pada siklus I sebanyak 50% , siklus II sebanyak 70%, dan siklus III sebanyak 95%, (3) kendala pelaksanaan yaitu siswa belum berani berpendapat saat kegiatan diskusi berlangsung, kurang aktif menanggapi presentasi kelompok dan solusi terhadap kendala tersebut adalah  membimbing kelompok, mengapresiasi pendapat yang disampaikan siswa, dan memberikan reward yang dapat memotivasi siswa untuk memberikan tanggapan.

Simpulan penelitian ini adalah kemampuan membaca intensif siswa kelas IV SD Negeri 2 Trikarso tahun ajaran 2017/2018 mengalami peningkatan setelah diterapkan model CIRC.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Lembar Persetujuan Publikasi.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Imam Suyanto, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP