Penulis Utama : Rita Arfi Astuti Ningroom
NIM / NIP : K7114151
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran Guided Discovery dengan model pembelajaran Think Pair Share pada materi perbandingan dan skala pada siswa kelas V.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri di Dabin I Kecamatan Gondangrejo Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel yang terpilih adalah kelas V SD Negeri 02 Dayu dan siswa kelas V SD Negeri 02 Krendowahono dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Pretest Posttest Control Group Design. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan teknik tes untuk data hasil belajar matematika. Uji coba soal tes dilakukan di SD Negeri 04 Tuban. Analisis data menggunakan analisis statistik uji t dengan taraf signifikasi 0,05.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini: Terdapat pengaruh penerapan model terhadap hasil belajar siswa (tobs = 1,694; t > 1,645). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Guided Discovery pada pembelajaran matematika memberikan hasil belajar lebih baik dibandingkan hasil pembelajaran dengan menerapkan model Think Pair Share pada materi perbandingan dan skala

×
Penulis Utama : Rita Arfi Astuti Ningroom
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114151
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery dengan Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perbandingan dan Skala (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas V SD Negeri se-Dabin I Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7114151-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Soegiyanto, S. U.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.