Penulis Utama : Esteti Sophia Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0113016
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Gabungan Model Volatilitas dan Markov Switching dalam Pendeteksian Dini Krisis Keuangan di Indonesia Berdasarkan Indikator M1, M2 Per Cadangan Devisa, dan M2 Multiplier
Edisi :
Imprint : Surakarta - FMIPA - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-FMIPA Sains Matematika-M0113016-2017
Subyek : PENDETEKSIAN KRISIS, M1, M2 PER CADANGAN DEVISA, M2 MULTIPLIER, SWARCH1.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Indonesia pernah dilanda krisis keuangan pada pertengahan tahun 1997 dan 2008. Krisis keuangan yang terjadi berdampak parah pada perekonomi- an Indonesia membuat diperlukannya suatu sistem pendeteksian dini krisis keuangan. Krisis dapat dideteksi berdasarkan beberapa indikator seperti in- dikator M1, M2 per cadangan devisa, dan M2 multiplier. Ketiga indikator tersebut dapat mempengaruhi stabilitas nilai tukar dan lebih lanjut dapat berpengaruh pada stabilitas keuangan sehingga dapat menjadi salah satu pe- nyebab terjadinya krisis keuangan.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi krisis keuangan di Indone- sia berdasarkan indikator M1, M2 per cadangan devisa, dan M2 multiplier menggunakan gabungan model volatilitas dan Markov switching. Ketiga in- dikator tersebut dapat dimodelkan menggunakan model SWARCH dengan asumsi tiga state yaitu state volatilitas rendah, volatilitas sedang, dan volati- litas tinggi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada indikator M1 dapat dimodel- kan dengan SWARCH (3, 1), sedangkan indikator M2 per cadangan devisa, dan M2 multiplier dapat dimodelkan dengan SWARCH (3, 3). Kedua model dapat mendeteksi krisis pada pertengahan tahun 1997 hingga 1998 dan tahun 2008 berdasarkan nilai smoothed probability. Nilai peramalan smoothed probability untuk tahun 2017 menunjukkan bahwa Indonesia berada pada kondisi tidak krisis.

Kata kunci : pendeteksian krisis, M1, M2 per cadangan devisa, M2 multiplier, SWARCH

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman depan.pdf
Bab 1.pdf
Bab 2.pdf
Bab 3.pdf
Bab 4.pdf
Bab 5.pdf
pernyataan.jpg
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sugiyanto, M.Si.,
2. Dra. Etik Zukhronah, M.Si.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA