Penulis Utama : Irfa Azizah
NIM / NIP : G0112051
×

ABSTRAK

Kehidupan di pesantren dikenal dengan pembentukan kedisiplinan dan kemandirian siswanya. Kedisiplinan merupakan serangkaian perilaku yang menunjukkan sikap taat patuh dan tertib mengikuti nilai, norma dan aturan yang berlaku. Kedisiplinan dipengaruhi hal-hal terkait pengaruh eksternal seperti pola asuh demokratis dan dipengaruhi oleh hal-hal terkait faktor internal seperti kecerdasan emosi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis dan kecerdasan emosi dengan kedisiplinan pada santri Pondok Pesantren Islam Al-Mukmin Ngruki, Sukoharjo, hubungan antara pola asuh demokratis dengan kedisiplinan pada santri Pondok Pesantren Islam Al-Mukmin Ngruki Sukoharjo, dan hubungan antara kecerdasan emosi dengan kedisiplinan pada santri Pondok Pesantren Islam Al-Mukmin Ngruki Sukoharjo.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Sampel pada penelitian ini adalah 222 santri. Berdasarkan perhitungan dengan rumus Slovin diperoleh 222 subjek penelitian yang dipilih melalui cluster random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tiga skala, yaitu skala kedisiplinan dengan reliabilitas 0,811, skala pola asuh demokratis dengan reliabilitas 0,716, dan skala kecerdasan emosi dengan reliabilitas 0,794. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan uji korelasi.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh demokratis dan kecerdasan emosi dengan kedisiplinan santri Pondok Pesantren Islam Al-Mukmin Ngruki, Sukoharjo (Fhitung> Ftabel (45,417 > 3,04; p = 0,00; dan nilai R = 0,541). Secara parsial terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh demokratis dengan kedisiplinan (rx1y = 0,359; p = 0,000 < 0 xss=removed xss=removed>

Kata kunci: Kedisiplinan santri, pola asuh demokratis, kecerdasan emosi.

×
Penulis Utama : Irfa Azizah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0112051
Tahun : 2017
Judul : Hubungan antara Pola Asuh Demokratis dan Kecerdasan Emosi dengan Kedisiplinan pada Santri Pondok Pesantren Islam Al-Mukmin Ngruki Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Psikologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Pendidikan Psikologi-G0112051-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Machmuroch, M.S., Psikolog
2. Mahardika Supratiwi, S.Psi., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.