Penulis Utama : Agung Septian Hidayat
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S891408002
Tahun : 2017
Judul : Designing An Inquiry-Based Esp Supplementary Material For Nursing Students Of Vocational High School: A Research And Development
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Pendidikan Bahasa Inggris-S891408002-2017
Subyek : SMK KEPERAWATAN
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah (1) menginvestigasi kualitas buku “Buku Bahasa Inggris Untuk SMK Kelas X” dan Modul “Modul Bahasa Inggris untuk SMK Kelas X” untuk mengajar bahasa Inggris siswa kelas X jurusan keperawatan di salah satu SMK di Sragen, dan (2) mengembangkan materi ajar ESP tambahan untuk siswa kelas X jurusan keperawatan dengan menggunakan metodologi pembelajaran berbasis inkuiri di salah satu SMK di Sragen. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R & D). Ada dua tahapan yang digunakan  dalam  penelitian  ini.  Tahap  pertama  adalah  tahap  eksplorasi  yang terdiri dari studi lapangan (analisis dokumen) dan analisis kebutuhan. Sedangkan tahap kedua adalah pengembangan produk yang terdiri dari pengembangan prototipe, validasi ahli, uji coba prototipe, perbaikan prototipe dan pembuatan produk akhir.
Hasil dari analisis buku menunjukan bahwa “Buku Bahasa Inggris Untuk SMK Kelas X” dan “Modul Bahasa Inggris untuk SMK Kelas X” yang digunakan untuk mengajar Bahasa Inggris memiliki tujuh kekurangan. Sedangkan, prosedur pengembangan materi ajar tambahan ESP adalah: 1) peneliti melakukan analisis kebutuhan siswa dengan mewawancarai dua guru keperawatan dan dua perawat profesional  yang  bekerja  di  rumah  sakit,  serta  membagikan  kuisioner  kepada siswa keperawatan. Hasil analisis kebutuhan menunjukan bahwa siswa keperawatan membutuhkan Bahasa Inggris yang spesifik. Sedangkan dari hasil dari tahap eksplorasi, peneliti memutuskan untuk mendesain buku ajar tambahan ESP untuk siswa keperawatan berbasis inkuiri.
Dalam mengembangkan buku ajar, peneliti mendesin prototipe berdasarkan hasil dari tahap eksplorasi. Kemudian, prototipe tersebut dievaluasi oleh penguji ahli dibidang TEFL. Peneliti kemudian merevisi prototipe dari hasil validasi oleh penguji ahli. Dan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, peneliti mengujicobakan prototipe kepada siswa kelas X jurusan keperawatan pada salah satu SMK di Sragen. Untuk mengetahui respon siswa dan mengevaluasi penggunaan prototype yang dikembangan, Forum Group Discussion (FDG) dan pendistribusian kuisioner dilakukan. Dari hasil tersebut, peneliti melakukan revisi terhadap protitpe kemudian menghasilkan produk akhir.
Buku bahasa Inggris untuk keperawatan ini diharapkan dapat melengkapi pembelajaran dan pengajaran Bahasa Inggris di kelas keperawatan. Peneliti juga berharap pembelajaran berbasis inkuiri dan penggunaan media serta ICT dapat ditingkatkan melalui penggunaan buku ini

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Cover.pdf
Bab I.pdf
Bab II.pdf
Bab III.pdf
Bab IV.pdf
Bab V.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Endang Fauziati, M.Hum
2. Dr. Nur Arifah Drajati, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana