Penulis Utama : Roulina Br Sihaloho
NIM / NIP : K7413140
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana (1) manajemen pelayanan  perpustakaan  pasca  sentralisasi  di  Universitas  Sebelas  Maret;  (2) respon civitas akademik terhadap pelayanan perpustakaan pasca sentralisasi; (3) kendala dan solusi yang dihadapi dalam pelayanan pasca sentralisasi perpustakaan Universitas Sebelas Maret.

Data dalam penelitian ini diperoleh dari beberapa sumber diantaranya narasumber atau informan, peristiwa atau aktivitas, tempat atau lokasi, dan dokumen arsip. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel bertujuan (Purposive Sampling). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi.Validitas data menggunakan teknik  triangulasi  data  dan  triangulasi  metode.  Analisis  data  yang  digunakan adalah teknik analisis induktif .

Hasil penelitian ini sebagai berikut:  (1) Manajemen pelayanan perpustakaan  pasca  sentralisasi  terdiri  dari  kegiatan  perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Perencanaan pelayanan masih dibuat secara lisan/informal dimana perencanaan tersebut tidak tercantum sesuai SOP karena perencanaannya dibuat akibat suatu kondisi yg mendesak. Sehingga pelaksanan pelayanan peminjaman dengan program penataan buku, pelayanan pengembalian dengan kebijakan sanksi denda, pelayanan keanggotaan dengan program one card, dan pelayanan loker dengan program self services mengalami kendala. Sementara pengorganisasian dilakukan dengan pembagian kerja secara rotasi dan pengawasan dilakukan secara langsung oleh ketua devisi dan melalui laporan bulanan yang diberikan oleh koordinator kepada ketua devisi. (2) Respon civitas akademik terhadap pelayanan perpustakaan terdiri dari tiga yaitu respon positif, negative, dan tidak peduli. Respon civitas akademik terhadap pelayanan lebih  cendrung  kepada  respon  negative.  (3)  Kendala  pelayanan  perpustakaan pasca sentralisasi adalah kurangnya SDM (Sumber Daya Manusia), sistem pencatatan denda masih manual yang kurang efisien, kurangnya koordinasi perpustakaan dengan Bank yang bekerjasama dengan kampus, dan pembuatan sistem kunci loker membutuhkan waktu yang lama. Sedangkan solusi yang dilakukan oleh UPT Perpustakaan UNS terhadap kendala tersebut adalah pelaksanaan rotasi, perencanaan sistem berbasis komputersasi, pelaksanaan negosiasi dengan pihak bank yang bekerjasama, dan menyediakan fasilitas pendukung (tas transparan, nomer besar yang dikalungkan, dan nomor kecil yang dikalungkan).

 

×
Penulis Utama : Roulina Br Sihaloho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7413140
Tahun : 2017
Judul : Manajemen Pelayanan Perpustakaan Pasca Sentralisasi Di Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-ProdiAdministrasi Perkantoran-K7413140-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Andre N. Rahmanto., M.Si
2. Tutik Susilowati, S.Sos., M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.