Penulis Utama : Ajeng Angelita Chrishartuti
NIM / NIP : C0913002
×

Penelitian ini berlatarbelakang isu orisinalitas dimana banyak hal yang dapat mempengaruhi dalam sebuah karya. Batik Buketan Pekalongan merupakan salah satu karya yang memiliki unsur kontak budaya sehingga terdapat pengaruh-pengaruh dari Belanda di dalamnya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui latar belakang sosial-budaya keberadaan Batik Buketan Pekalongan. (2) Membaca dan memaknai representasi visual Batik Buketan Pekalongan yang dipengaruhi gaya desain Art Nouveau.
Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini menempatkan permasalahan representasi visual Batik Buketan Pekalongan dalam wacana budaya visual.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Latar belakang sosial budaya Pekalongan yang terkenal akan komoditi batik menyebabkan identitas Kota Batik melekat pada kota tersebut. Perkembangan batik yang cukup tinggi, ditambah dengan keterbukaan Kota Pekalongan terhadap masuknya bangsa asing menjadikan Pekalongan ini kaya akan motif Batik, salah satunya Batik Buketan yang diperkenalkan oleh wanita-wanita Belanda. (2) Seiring dengan masuknya Batik Buketan di Pekalongan, menyebabkan representasi visual Batik Buketan terpengaruh oleh kebudayaan bangsa Belanda. Saling pengaruh motif batik tersebut mendekati dengan gaya desain Art Nouveau dimana konsepnya dinamis, mengalir, dengan garis lekukan yang sangat mirip dengan motif Batik Buketan Pekalongan. Tidak hanya berhenti pada representasi visualnya saja, namun juga visualitas dimana dalam sebuah karya terdapat wacana dan aturan-aturan yang dapat dibaca ulang.

 

×
Penulis Utama : Ajeng Angelita Chrishartuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0913002
Tahun : 2017
Judul : Membaca Representasi Visual Batik Buketan Pekalongan yang Dipengaruhi Gaya Desain Art Nouveau
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSRD - 2017
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS-FSRD Jur. Kriya Seni-C0913002-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Setyawan, S. Sn., M. A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.