Penulis Utama : Abdul Ghofar D.h
NIM / NIP : K3210001
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pemanfaatan kamera smartphone dan teknik cetak transfer paper dalam pembelajaran seni budaya di kelas XI MIPA 5 SMAN 3 Surakarta tahun ajaran 2016/2017 (2) Karya yang dihasilkan dari pemanfaatan kamera smartphone dan teknik cetak transfer paper dalam kreasi fotografi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan yang dipilih yaitu bapak Ferri Mega Nanda selaku guru seni budaya dan siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 3 Surakarta; serta foto, hasil karya, dan dokumen arsip. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah model analisis mengalir yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil   penelitian   ini   menunjukkan   bahwa:   (1)   Pemanfaatan   kamera
smartphone dan teknik cetak transfer paper dalam kreasi fotografi pada pembelajaran  seni  budaya  mampu  mendorong  siswa  untuk  lebih  aktif  dalam proses berkarya seni, baik dari proses awal pencarian ide hingga eksekusi karya (2) Karya yang dihasilkan dari pemanfaatan kamera smartphone dan teknik cetak transfer  paper  dalam  kreasi  fotografi  telah  menunjukan  kesesuaian  dari  segi teknik, media, dan tema kekaryaan. Terbukti dari aspek teknik siswa telah mampu memindahkan objek foto dengan baik, selain itu tema dalam penggarapan karya juga telah sesuai, hal ini dapat dilihat dari karya-karya  yang dihasilkan telah memenuhi aspek kesesuaian dalam tema.

Kata Kunci : seni budaya, fotografi, transfer paper

×
Penulis Utama : Abdul Ghofar D.h
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3210001
Tahun : 2017
Judul : Pembelajaran Fotografi dan Teknik Cetak Transfer Paper pada Mata Pelajaran Seni Budaya di Kelas XI MIPA SMAN 3 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-FAk. KIP Jur. Pendidikan Seni Rupa-K3210001-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Slamet Supriyadi, M.Pd.
2. Drs. Margana, M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.