Penulis Utama : Afif Dzara Al A.
NIM / NIP : K3212004
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat atau tidak dapat meningkatkan minat belajar dalam mengapresiasi karya seni lukis siswa kelas VII B MTs Negeri Plupuh Tahun Pelajaran 2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII B di MTs Negeri Plupuh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilasksanakan dengan teknik observasi dan tindakan kelas. Analisis data menggunakan 2 teknik yaitu teknik analisis kuantitatif dan analisis kualitatif.
Hasil   penelitian   melalui   Penelitian   Tindakan   Kelas   dengan   menerapkan   Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan minat serta kualitas pembelajaran mengapresiasi karya seni   lukis pada siswa kelas VII B MTs Negeri Plupuh tahun pelajaran
2016/2017. Peningkatan kualitas pembelajaran tersebut tebukti, pertamameningkatkan minat dan keaktifan siswa dalam mengpresasi karya seni lukis. Hal ini dilihat dari hasil penilaian afektif dalam pelaksanaan siklus I dan siklus II yaitu siswa berminat tinggi pada siklus I sebanyak 29 siswa 87,9?ri jumlah siswa, siklus II meningkat menjadi 31 siswa atau 94%.Kedua dapat meningkatnya pemahaman siswa tentang materi mengpresasi karya seni lukis. Hal ini dilihat dari nilai kognitif dalam pelaksanaan prasiklus, siklus I, dan siklus II yaitu siswa yang tuntas pada prasiklus sebanyak16 siswa atau 48,5% meningkat pada siklus I sebanyak 24 siswa atau 72,7% jumlah siswa, siklus II meningkat menjadi 31 siswa atau 94%.

Kata Kunci : apresiasi, karya  seni  lukis, metode contextual teaching and learning, minat belajar

×
Penulis Utama : Afif Dzara Al A.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3212004
Tahun : 2017
Judul : Upaya Peningkatan Minat Belajar Mengapresiasi Karya Seni Lukisdengan Metodecontextual Teaching And Learning pada Siswa MTS Negeri Plupuh Kelas VII B Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-FAk. KIP Jur. Pendidikan Seni Rupa-K3212004-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Margana, M.Sn.
2. Nanang Yulianto, S.Pd., M.Ds.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.