Penulis Utama : Nur Hidayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3112056
Tahun : 2017
Judul : Teknik Self-Management untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik pada Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 27 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Bimbingan dan Konseling-K3112056-2017
Subyek : PROKRASTINASI AKADEMIK, TEKNIK SELF-MANAGEMENT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan teknik self-management untuk mereduksi prokrastinasi akademik peserta didik kelas VIII SMP Negeri 27 Surakarta tahun ajaran 2016/2017.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Research) dengan desain penelitian The Non-equivalent Control Group.Subjek penelitian ini yaitu 20 siswa yang memiliki skor prokrastinasi akademik tinggi. Subjek penelitian yang berjumlah 20 siswa tersebut dijadikan dua kelompok yaitu 10 siswa dijadikan kelompok eksperimen, sedangkan 10 siswa dijadikan kelompok kontrol. Hal tersebut diperoleh dari pretest yaitu skor prokrastinasi akademik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket prokrastinasi akademik yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Analisis penelitian ini menggunakan uji mann whitney untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah siswa diberikan treatment self-management.

Hasil penelitian dengan uji mann whitney diperoleh koefisien p (Exact.sig) = 0,001 yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.Hipotesis  dalam penelitian ini diterima yaitu teknik self-management efektif untuk mereduksi prokrastinasi akademik peserta didik kelas VIII SMP negeri 27 surakarta tahun ajaran 2016/2017. Hal tersebut diperkuat oleh hasil skor rata-rata posttest yanglebih rendah dibandingkan nilai rata-rata pretest yaitu mean pretest kelompok eksperimen 120,8 sedangkan mean posttest kelompok eksperimen sebesar 101. Kesimpulan dari penelitian ini adalah   teknik self-manaement efektif untuk mereduksi prokrastinasi akademik pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 27 Surakarta tahun ajaran 2016/2017.

Kata kunci :Prokrastinasi Akademik, Teknik Self-Management

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman depan.pdf
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB 4.pdf
BAB 5.pdf
pernyataan.jpg
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Wardatul Djannah, M.Pd
2. Dra. Sri Wiyanti H, M.Si.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP