Penulis Utama : Panji Praba Kusuma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1315069
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Karakteristik Pemerintah Daerah, Opini Bpk dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terhadap Keterandalan Informasi dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2010-2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Akuntansi-F1315069-2017
Subyek : KEANDALAN LAPORAN KEUANGAN, KARAKTERISTIK, OPINI AUDITOR EKSTERNAL, KELEMAHAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penelitian ini ditujukan untuk dapat mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas laporan keuangan pemerintah daerah dilihat dari sudut pandang keandalan. Faktor yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) karakteristik daerah yang terdiri atas ukuran pemerintah daerah, umur pemerintah daerah, jenis pemerintah daerah dan tingkat ketergantungan pemerintah daerah; (2) opini auditor eksternal tahun sebelumnya; dan (3) kelemahan Sistem Pengendalian Intern pada pemerintah daerah.

Pada penelitian ini, uji petik dilakukan terhadap 102 laporan keuangan pemerintah daerah untuk tiap tahun pada periode 2010 sampai dengan 2014. Atas uji petik tersebut dilakukan penilaian atas laporan keuangan pemerintah daerah dengan instrumen penelitian yang sesuai dengan standar akuntansi pemerintah. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan Uji Fit Regression Model.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel yang memiliki pengaruh positif terhadap keandalan laporan keuangan adalah variabel ukuran pemerintah daerah, jenis pemerintah daerah, dan opini auditor tahun sebelumnya. Sedangkan yang memiliki pengaruh negatif adalah umur pemerintah daerah dan kelemahan sistem pengendalian intern pemerintah daerah.

Kata Kunci:     keandalan laporan keuangan, karakteristik, opini auditor eksternal, kelemahan sistem pengendalian intern pemerintah.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman depan.pdf
Bab 1.pdf
Bab 2.pdf
Bab 3.pdf
Bab 4.pdf
Bab 5.pdf
pernyataan.jpg
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Payamta, M.Si., Ak., CPA
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis