Penulis Utama : Ayu Sukma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1213011
Tahun : 2017
Judul : Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Toleransi pada Novel Kambing dan Hujan Karya Mahfud Ikhwan Serta Relevansinya dengan Materi Ajar Apresiasi Sastra di SMa Kelas XII
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K1213011-2017
Subyek : SOSIOLOGI SASTRA, NILAI TOLERANSI, MATERI AJAR, NOVEL KAMBING DAN HUJAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) latar sosial yang terdapat dalam novel Kambing dan Hujan, (2) latar belakang sosial Mahfud Ikhwan sebagai pengarang novel Kambing dan Hujan, (3) tanggapan pembaca novel Kambing dan Hujan berdasarkan latar belakang sosial pembaca, (4) nilai toleransi yang terkandung dalam novel Kambing dan Hujan, (5) relevansi novel Kambing dan Hujan karya Mahfud Ikhwan dengan materi ajar apresiasi sastra di SMA.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra. Data yang diperoleh berasal dari sumber data berupa novel Kambing dan Hujan dan wawancara informan dengan pengarang novel, guru bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Jetis Bantul, peserta didik kelas XII, dan pembaca umum. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis dokumen dan wawancara mendalam dengan informan. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi teori dan triangulasi sumber data. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif, mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Kesimpulan penelitian ini sebagai berikut. Pertama, latar sosial dalam novel adalah kondisi sosial dan konflik agama di Desa Tegal Centong, Jawa Timur. Aspek-aspek latar sosial yang terdapat dalam novel, yaitu kebiasaan hidup masyarakat makan bersama di tegalan, rambu, dan buwuh; adat istiadat pernikahan dimulai dari pihak perempuan; tradisi wayang kulit, gambyong, ludruk, tayuban, dan selamatan; cara berpikir dan bersikap masyarakat yang kaku terhadap hal-hal baru; keyakinan dan pandangan masyarakat yang kental dengan agama Islam. Kedua, latar belakang sosial pengarang, yakni seorang pria kelahiran Lamongan, Jawa Timur pada 7 Mei 1980. Saat ini tinggal di Jomblangan, Banguntapan Yogyakarta dan berprofesi sebagai penulis novel, editor, fasilitator di Bengkel Menulis Gerakan Literasi Indonesia (GLI), serta penulis ulasan sepak bola dan film India. Pengalaman hidup sebagai seorang muslim di Lamongan menjadi salah satu motivasi untuk menulis novel Kambing dan Hujan. Ketiga, pembaca menyatakan novel tersebut bagus dan menarik serta memberikan pengaruh positif bagi pembaca. Keempat, nilai toleransi yang terkandung dalam novel berupa nilai toleransi terhadap kebiasaan, keadaan, pandangan, dan kelakuan. Kelima, novel Kambing dan Hujan relevan dengan materi ajar apresiasi sastra di SMA karena telah memenuhi syarat identifikasi materi ajar pembelajaran dan sesuai dengan materi ajar dalam silabus mata pelajaran bahasa Indonesia Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2016.

Kata Kunci : sosiologi sastra, nilai toleransi, materi ajar, novel Kambing dan Hujan.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andayani, M.Pd.
2. Drs. Yant Mujiyanto, M. Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP