Penulis Utama : Ratih Kartika Suryani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S521202005
Tahun : 2017
Judul : Perbedaan Pengaruh Musik Klasik dan Gamelan Jawa terhadap Kecemasan, Tekanan Darah dan Nadi Pada Pasien Persalinan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Al Hasanah Madiun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Magister Kedokteran Keluarga-S521202005-2017
Subyek : MUSIK, PERSALINAN., TEKANAN DARAH, NADI DAN KECEMASAN
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Latar Belakang: Kecemasan menjelang persalinan sering dialami oleh ibu baik yang primigravida maupun multigravida. Adanya kecemasan dan ketakutan akan menyebabkan adrenalin meningkat sehingga tekanan darah dan nadi  meningkat selain itu juga mengakibatkan penyempitan pembuluh darah dan mengurangi aliran darah  yang membawa oksigen ke rahim sehingga terjadi penurunan kontraksi rahim menyebabkan memanjangnya waktu persalinan dari kala I-IV atau persalinan lama.Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan pengaruh  musik klasik dan gamelan jawa terhadap tekanan darah, nadi dan kecemasan pada pasien persalinan dan  menganalisis perbedaan pengaruh musik klasik dengan gamelan jawa terhadap kecemasan, tekanan darah dan nadi pada pasien persalinan

Metode: Penelitian ini menggunakan desain/rancangan penelitian Eksperimen murni dengan pendekatan RCT ( Random Control Trial ). Populasi adalah Ibu persalinan kala 1 di Rumah Sakit Ibu dan Anak Al Hasanah Madiun. Sampel terbagi tiga kelompok (dua kelompok eksperimen dan kontrol). Masing-masing kelompok terdapat 22 sampel. Pada ketiga kelompok diawali pengukuran kecemasan, tekanan darah dan nadi terhadap semua kelompok ( pre test ) dan setelah pemberian perlakuan selesai maka diadakan pengukuran kembali 30 menit pasca tes pada kelompok eksperimen maupun kontrol. Analisis yang digunakan yaitu statistik uji Anova dan Post Hoc.

Hasil: Uji statistik Anova menunjukkan bahwa ada perbedaan pemberian musik klasik dan gamelan terhadap tekanan darah (p = 004), nadi (p = 0,001) dan kecemasan (p = 0,001). Hasil Uji Post Hoc menunjukkan pengaruh gamelan jawa terhadap tekanan darah (p =0,01), nadi (p = 0,01) dan kecemasan (p =0,01), sedang pengaruh gamelan klasik terhadap tekanan darah (p = 0,047), nadi (p = 0,002) dan kecemasan (p =0,01).

Kesimpulan: Ada pengaruh musik klasik dan gamelan Jawa terhadap penurunan kecemasan, tekanan darah dan nadi pada pasien persalinan,  gamelan Jawa lebih baik pengaruhnya daripada musik klasik terhadap kecemasan, tekanan darah dan nadi pada pasien persalinan .

Kata Kunci : musik, persalinan., tekanan darah, nadi dan kecemasan

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman depan.pdf
Bab 1.pdf
Bab 2.pdf
Bab 3.pdf
Bab 4.pdf
Bab 5.pdf
pernyataan.jpg
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof.Dr.Didik Tamtomo,dr.MM, MKes, PAK
2. Prof. Bhisma Murti, dr., MPH., M.Sc., Ph.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana