Penulis Utama : Reni Purbanova
NIM / NIP : S0211508079
×

ABSTRAK

Latar Belakang: Remaja memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar cenderung dan mencoba segala sesuatu yang belum pernah dialaminya. Hal ini berpengaruh terhadap perilaku seksual dalam berpacaran sehingga menyebabkan kasus kehamilan tidak diinginkan, aborsi tidak aman, penularan PMS dan HIV/ AIDS bahkan kematian.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian  kualitatif dengananalitik interpretif . Informan kunci dalam penelitian ini adalah Kepala KUA Kabupaten Jaten, Tenaga Kesehatan wilayah Jaten, dengan informan utama adalah anak dan pasangan dengan riwayat kehamilan di luar nikah, serta informan pendukung yaitu orang tua dari pasangan dengan kehamilan di luar nikah.

Hasil: Pasangan dengan kehamilan di luar nikah mengalami proses yang tidak mudah dalam menghadapi kehamilan yang mereka alami, dan cenderung menolak kehamilan yang terjadi bahkan ada usaha untuk menggugurkannya. Hal ini berpengaruh terhadap pola asuh asih dan asah dalam perawatan anak. Selain itu dipengaruhi oleh support sistem dari lingkungan dan pasangan itu tersebut. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa pasangan yang suport sistemnya kurang akan menyebabkan pasangan tersebut kurang optimal dalam melakukan pola asuh kepada anak sehingga anak dibatasi dalam pemberian stimulus  yang akan berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak seperti anak cenderung  belum bias memenuhi tugas perekembangannya.

Kesimpulan: Suport sistem terhadap pasangan dengan kehamilan di luar nikah sangat diperlukan untuk memberikan dukungan pasangan dalam menghadapi kehamilannnya dan perawatan anak.

Kata Kunci: Tumbuh kembang, Kehamilan diluar nikah. Balita

×
Penulis Utama : Reni Purbanova
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S0211508079
Tahun : 2017
Judul : Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Balita sebagai Dampak Kehamilan di Luar Nikah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat-S0211508079-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Bhisma Murti, dr., MPH, M.Sc., Ph.D,
2. Dr. Argyo Demartoto, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.