Penulis Utama : Risye Endri Purwiyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021508053
Tahun : 2017
Judul : Faktor Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Tunagrahita di Kabupaten Ponorogo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat-S021508053-2017
Subyek : TUNAGRAHITA, ANAK USIA 6 – 15 TAHUN
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Latar Belakang: Anak – anak dengan tunagrahita menunjukkan ketidakmampuan adaptasi perilaku dan kemampuan intelektual dibawah rata – rata. Tinggal dengan anak berkebutuhan khusus dapat berefek mendalam pada orang tua, saudara kandung dan keluarga besar. Memenuhi kebutuhan anak dengan berkebutuhan khusus dapat menjadi tantangan bagi sekolah dan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi terjadinya tunagrahita pada anak usia 6 sampai 15 tahun.

Subjek dan Metode: Studi analitik observasional dengan desain case control. Lokasi penelitian di Kabupaten Ponorogo pada bulan Maret hingga April 2017 terhadap 150 subjek penelitian. Sampel sebanyak 150 anak umur 6 – 15 tahun yang terdiri dari 50 anak tunagrahita dan 100 anak tanpa tunagrahita, pengambilan sampel menggunakan teknik fixed disease sampling. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kejadian tunagrahita. Variabel independen adalah usia ibu saat hamil, riwayat keturunan, status gizi ibu, prematur, BBLR, stres ibu saat hamil, pendidikan ibu, pendapatan keluarga dan paparan lingkungan. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis menggunakan path analysis.

Hasil: Tunagrahita dipengaruhi oleh usia ibu saat hamil (b= 2.52, 95%CI = 1.23-3.81, p= <0 xss=removed xss=removed xss=removed> (b= 2.54, 95% CI = 1.34 to 3.74, p = <0>

Kesimpulan: Usia ibu saat hamil, BBLR dan riwayat keturunan secara langsung mempengaruhi kejadian tunagrahita. Status gizi ibu, stres ibu saat hamil, pendidikan ibu, pendapatan keluarga dan paparan lingkungan secara tidak langsung mempengaruhi kejadian tunagrahita.

Kata kunci: Tunagrahita, anak usia 6 – 15 tahun

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
pernyataan.jpg
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. RB. Soemanto, M.A
2. Dr. Yulia Lanti Retno Dewi, dr., M.Si,
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana