Penulis Utama : Tina Yuberta
NIM / NIP : K6411058
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kompetensi profesional guru Pendidikan Kewarganegaraan, (2) Kendala dalam peningkatan kompetensi profesional guru, (3) Dampak terhadap penguasaan pengetahuan kewarganegaraan siswa  di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar  tahun pelajaran 2016/2017.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan dan dokumen serta arsip. Teknik Sampling yang dipakai adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh dan menyusun data penelitian yaitu dengan teknik observasi, wawancara serta analisis dokumen. Untuk menguji validitas data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi data dan informan review. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif dengan tahap-tahap seperti: (1) Reduksi data, (2) Sajian Data, serta (3) Penarikan Kesimpulan atau Verifikasi.

Hasil analisis menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru Pendidikan Kewarganegaraan berdasarkan klasifikasi kualifikasi akademik: (1) Guru PKn yang sesuai dengan kualifikasi akademik telah memiliki kompetensi profesional yang baik karena telah memenuhi indikator kompetensi profesional. (2) Guru PKn yang tidak sesuai dengan kualifikasi akademik juga telah memiliki kompetensi profesional yang baik dikarenakan telah memenuhi indikator kompetensi profesional ini dikarenakan pengalaman dalam mengajar. Kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan kompetensi profesionalnya yaitu; kemampuan finansial guru untuk secara berkelanjutan mengembangkan diri; latar belakang pendidikan guru; rendahnya penghargaan masyarakat terhadap profesi guru dan kurangnya partisipasi masyarakat dalam upaya pengembangan profesi guru;dan rendahnya budaya kerja berorientasi mutu sehingga para guru bekerja seadanya. Dampak pengusaan pengetahuan kewarganegaraan baik, ini dapat dilihat melalui hasil belajar siswa yang mendapatkan nilai di atas rata-rata KKM.

Kata kunci : Kompetensi Profesional, Penguasaan Pengetahuan Kewarganegaraan.

×
Penulis Utama : Tina Yuberta
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6411058
Tahun : 2017
Judul : Studi Tentang Kompetensi Profesional Guru Pkn dan Implikasinya terhadap Penguasaan Pengetahuan Kewarganegaraan Siswa di Sma Muhammadiyah 1 Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Pendidikan Kewarganegaraan-K6411058-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Muh. Hendri Nuryadi, S.Pd M.Sc
2. Wijianto, S.Pd M.Sc Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.