Penulis Utama : Widya Oktavia Sariningsih
NIM / NIP : F1315095
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh karakteristik Dewan Direksi terhadap pengungkapan risiko perusahaan. Karakteristik Dewan Direksi direpresentasikan dengan jumlah Dewan Direksi, proporsi Dewan Direksi Independen, proporsi gender Dewan Direksi dan tenure Dewan Direksi. Penelitian ini menggunakan ROA (Return on Asset), ukuran perusahaan (size), leverage dan audit firm sebagai variabel kontrol.

Pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling terhadap perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013 sampai dengan 2015. Jumlah data perusahaan yang digunakan sebagai sampel sebanyak 97 laporan keuangan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proporsi Dewan Direksi Independen dan tenure Dewan Direksi berpengaruh positif terhadap pengungkapan risiko. Sementara itu, jumlah Dewan Direksi dan gender Dewan Direksi tidak berpengaruh terhadap pengungkapan risiko.

Kata kunci       : Pengungkapan Risiko, Dewan Direksi, Perusahaan Pertambangan, Tata Kelola Perusahaan

×
Penulis Utama : Widya Oktavia Sariningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1315095
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Karakteristik Dewan Direksi terhadap Pengungkapan Risiko pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Akuntansi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Akuntansi-F1315095-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Doddy Setiawan, SE., M.Si., IMRI., Ph.D., Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.