Penulis Utama : Widyastuti Putri Setyaningrum
NIM / NIP : K5113077
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran bimbingan guru pembimbing khusus (GPK) terhadap interaksi sosial anak tunagrahita di SD Al-Firdaus Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh anak tunagrahita di SD Al-Firdaus yang berjumlah 14 anak. Subjek terdiri dari anak tunagrahita ringan hingga down syndrome.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara pada guru pembimbing khusus (GPK) dan wali kelas. Selain itu, dilakukan observasi anak tunagrahita dan analisis dokumen. Dokumen berupa buku penghubung antara GPK dengan orang tua. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber data. Teknik analisis data dalam penelitian kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian diperoleh kesimpulan berupa peran bimbingan GPK dalam interaksi sosial anak tunagrahita. Peran bimbingan GPK itu adalah, (1) memberikan motivasi pada anak tunagrahita dan teman sekelas agar terjalin interaksi sosial yang baik. (2) Melatih kemandirian anak agar anak dapat berbaur dengan anak lain tanpa selalu didampingi GPK. (3) Memberikan kesempatan pada anak untuk berinteraksi dengan teman dalam kegiatan belajar kelompok. (4) Mendampingi anak ketika pembelajaran kelompok. (5) Menjalin koordinasi yang baik dengan wali kelas selaku guru utama. (6) Fasilitator orang tua mengenai perkembangan sosial anak.

Kata kunci : peran GPK, bimbingan, interaksi sosial, tunagrahita

×
Penulis Utama : Widyastuti Putri Setyaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5113077
Tahun : 2017
Judul : Peran Bimbingan Guru Pembimbing Khusus Terhadap Interaksi Sosial Anak Tunagrahita di Sd Al – Firdaus Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Pendidikan Luar Biasa-K5113077-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Subagya, M.Si.,
2. Sugini, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.