Penulis Utama : Bunga Pradipta Pertiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1414014
Tahun : 2017
Judul : Peran Production Assistant Dalam Proses Produksi Live Dan Taping Acara “Mamah Dan Aa’ Beraksi (MAB)” Di Indosiar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP Prog. DIII Komunikasi Terapan-D1414014-2017
Subyek : TV NASIONAL, JENIS PROGRAM, PERAN PRODUCTION ASSISTANT
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

SCTV (Suya Citra Televisi) merupakan salah satu televisi swasta di Indonesia yang lahir pada tahun 1989. Berdasarkan waktu mengudaranya, SCTV merupakan stasiun televisi nasional swasta kedua setelah RCTI. Pada awal Mei 2013, SCTV melebarkan sayapnya dengan resmi bergabung bersama Indosiar. Penulis memilik magang di SCTV karena program-program yang disajikan menghibur, menarik, kreatif dan juga inspiratif. Penulis memilih magang sebagai Production Assistant (PA) adalah karena PA memiliki peran penting dalam setiap acara, mulai dari pra-produksi, produksi dan pasca produksi. Banyak yang mengatakan bahwa penonton televisi menjadi saksi visual tentang berbagai macam kejadian yang terjadi di dunia. Pada hakikatnya, televisi berfungsi juga memindahkan realitas dari suatu tempat ke tempat lain. Program televisi dibagi menjadi dua bagian besar, yaitu dalam bentuk drama dan non drama. Format acara televisi : 1. Drama/Fiksi (timeless & imajinatif) berisi tragedi, aksi, komedi, cinta/romantisme, legenda maupun horror/ misteri. 2. Non drama (timeless & faktual) berisi musik, magazine show, talk show, variety show, repackaging, game show, kuis, talent show, dan competition show. 3. Berita/ News (aktual & faktual) berisi berita, current affairs, program sport, magazine news, features. Peran Production Assistant Dalam Proses Produksi Live Dan Taping Acara Mamah Dan Aa’ Beraksi (Mab) di Indosiar. Production Assistant berperan sangat penting mencangkup keseluruhan program mulai dari pra produksi, produksi, hingga pasca produksi.
Selama penulis melaksanakan Kuliah Kerja Media (KKM) pada bagian produksi di SCTV kerjasama antar tim tampak begitu erat dan kompak, pembagian tugas selalu sesuai dengan standart yang sudah ditentukan. Selain itu, antara atasan dengan bawahan tidak terlalu kaku, keakraban terlihat di semua jenjang jabatan. Meski begitu sopan santun dan rasa hormat terhadap atasan tetap dijaga, para karyawan mampu menempatkan diri kapan harus serius dan kapan bisa santai. Meskipun penulis hanyalah magang, namun para karyawan bisa memperlakukan penulis seperti seorang teman dan rekan kerja mereka dengan sangat baik.
Penulis yang awalnya tidak tahu, kini jadi mengerti akan pentingnya peran seorang PA dalam sebuah anggota tim proses produksi. Setiap tahap produksi selalu membutuhkan kehadiran seorang PA, tugas dan tanggung jawabnya pun cukup vital untuk sebuah proses produksi. Keterlibatan seorang PA mampu membuat dan mendukung proses produksi supaya berjalan dengan lancar.
Kata kunci : TV Nasional, Jenis Program, Peran Production Assistant

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Bunga Pradipha P..pdf
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Heri Setyawan S.Sos, M.Sn
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP