Penulis Utama : Nurul Dwi Permatasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113511
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Discovery Dengan Media Konkret Dalam Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Sifat-Sifat Cahaya Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kaliputih Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi PGSD-K7113511-2017
Subyek : MEDIA KONKRET
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran discovery dengan media konkret; (2) meningkatkan hasil belajar IPA tentang sifat-sifat cahaya melalui model pembelajaran discovery  dengan media konkret; (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan model pembelajaran discovery  dengan media konkret dalam peningkatan hasil belajar IPA tentang sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SD Negeri Kaliputih Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan dalam tiga siklus dengan enam kali pertemuan. Pada tiap pertemuan terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru kelas V dan siswa kelas V SD Negeri Kaliputih yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu: observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) langkah-langkah penerapan model pembelajaran discovery dengan media konkret yaitu (a) pemberian rangsangan, (b) identifikasi masalah, (c) mengumpulkan data, (d) menganalisis data, (e) menguji hipotesis, (f) menarik kesimpulan, (g) evaluasi; (2) penerapan model pembelajaran discovery dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang sifat-sifat cahaya dilihat dari meningkatnya nilai evaluasi siswa sebagai berikut: rata-rata skor siswa pada siklus I 74,93; siklus II 80,65; dan siklus III 89,90; (3) kendala penerapan model pembelajaran discovery dengan media konkret dalam peningkatan hasil belajar IPA tentang sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SD Negeri Kaliputih yaitu kerja sama antar anggota kelompok kurang terlihat. Solusi yang diberikan yaitu siswa dibimbing dalam melakukan kerja kelompok agar proses diskusi dapat berjalan dengan baik.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran discovery dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SD Negeri Kaliputih tahun ajaran 2016/2017.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.PDF
BAB_I.PDF
BAB_II.PDF
BAB_III.PDF
BAB_IV.PDF
BAB_V.PDF
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : JUENAL.pdf
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Imam Suyanto, M. Pd
2. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP