Penulis Utama : Rika Apriyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0413043
Tahun : 2017
Judul : Penyelundupan Senjata Kelompok Teroris Boko Haram Di Nigeria Pada Tahun 2009-2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP Program Studi Hubungan Internasional-D0413043-2017
Subyek : TRANSNATIONAL CRIME, TERORISME
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Kepemilikan senjata api ilegal kelompok teroris Boko Haram melalui penyelundupan menjadi topik utama yang dikaji dalam penelitian ini. Kepemilikan senjata api ilegal kelompok teroris Boko Haram melalui penyelundupan tersebut dianalisis dari penjual, jalur dan cara penyelundupan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka dan wawancara. Analisis data menggunakan analisa data kualitatif yang terdiri dari tahap dokumentasi, pengkategorian, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Kerangka pemikiran penelitian ini berangkat dari analisis formulasi dan implementasi globalisasi, teori sekuritisasi, dan konsep transnational crime.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelundupan senjata merupakan tindak kejahatan lintas negara yang memiliki dampak cukup buruk bagi keamanan Nigeria. Boko Haram menjadi kelompok teroris yang aktif melakukan serangan dan teoror. Aktor yang berperan dalam transaksi jual beli senjata api ilegal di Nigeria adalah negara-negara yang sedang konflik dan kelompok –kelompok teroris lainnya sebagai pemasok, penjahat perbatasan dan pejabat perbatasan yang tidak loyal sebagai pembantu dalam melewati perbatasan dan Boko Haram sebagai konsumen. Kemudahan dunia sebagai dampak dari globalisasi mempermudah transaksi jual beli di pasar gelap ini. Nigeria sebagai negara yang berdaulat merespon kejadian ini dengan meningkatkan keamanan di negaranya dengan berbagai upaya salah satunya dengan menjalin kerjasama keamanan dengan negara Chad, Niger dan Republik Benin. Akhirnya penyelundupan senjata dan aksi Boko Haram mampu diredam paska tahun 2014.
Kata Kunci: Transnational Crime, Arms Smuggling, Boko Haram, Keamanan, Terorisme.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Rika Apriyanti.pdf
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP