Penulis Utama : Aulia Fitri Istiana
NIM / NIP : K7113036
×

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  meningkatkan  keterampilan  menulis narasi ekspositoris melalui penerapan strategi GWP (Guided Writing Procedure) pada siswa kelas III SDN Sumber 3 tahun ajaran 2016/2017.
Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SDN Sumber 3 Surakarta yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.  Uji  validitas  data  yang  digunakan  adalah  validitas  isi  serta triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan nilai keterampilan menulis narasi ekspositoris dari pratindakan, siklus I, dan siklus II. Tingkat  ketuntasan  klasikal  pada  pratindakan  sebesar  14,8%  atau  sebanyak  4 siswa dari 27 siswa dianggap tuntas. Pada siklus I, ketuntasan klasikal meningkat menjadi 40,7% atau 11 siswa tuntas, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi
85,2% atau 23 siswa tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi GWP (Guided Writing Procedure) dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa kelas III SDN Sumber 3 tahun ajaran 2016/2017.

 

×
Penulis Utama : Aulia Fitri Istiana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113036
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Strategi GWP (Guided Writing Procedure) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Pada Siswa Kelas III SDN Sumber 3 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi PGSD-K7113036-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suharno, M. Pd
2. Drs. M. Ismail Sriyanto, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.