Penulis Utama : Riessa Dwi Aryanto
NIM / NIP : C0510037
×

Penelitian tentang Peranan Jong Java Padvinderij (JJP) Pada Masa Awal Pergerakan Nasional Tahun 1921-1930 ini mempunyai tujuan untuk menjelaskan apa saja peranan Jong Java Padvinderij pada masa awal Pergerakan Nasional tahun 1921-1930 dan untuk mengetahui perkembangan organisasi kepanduan di Indonesia.
Penelitian  ini  menggunakan  metode  sejarah  yang  dimulai  dengan  tahap heuristik, yakni pengumpulan data dari sumber-sumber sejarah sezaman yang ditemukan di Perpustakaan Reksa Pustaka Mangkunegaran di Surakarta. Tahap selanjutnya adalah kritik sumber, yakni membandingkan dan mengkritik sumber sejarah untuk memperoleh data yang valid. Kemudian interpretasi yakni tahap menganalisis  data  yang  diperoleh  sehingga  memperoleh  fakta-fakta  yang  terjadi dalam suatu peristiwa, dan yang terakhir menuliskan laporan penelitian atau historiografi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peranan Jong Java Padvinderij pada masa awal Pergerakan Nasional dimulai saat ditetapkannya menjadi kegiatan wajib dan dibentuknya pasukan Padvinderij untuk semua cabang Jong Java. Setelah terbentuknya Jong Java Padvinderij, peminat pemuda pada waktu itu yang ingin bergabung menjadi  pandu  semakin  bertambah  banyak.  Pemuda menyadari  bahwa bergabung dalam sebuah kepanduan  akan  dapat mendidik kedisiplinan, akal budi pekerti mereka menjadi lebih baik. Materi pendidikan yang dikemas dalam bentuk permainan tentunya akan membuat kesehatan fisik dan jasmani mereka menjadi lebih prima.Dengan demikian, Jong Java Padvinderij adalah wadah bagi para pemuda pada waktu itu untuk menemukan jati diri dan membentuk karakter mereka menjadi pribadi yang lebih baik, serta berguna bagi nusa dan bangsanya.
Kesimpulannya  sebagai  media  pendidikan  informal,  Jong  Java  Padvinderij pada masa awal Pergerakan Nasional telah berhasil membentuk watak dan mempertebal impian para pemuda akan sebuah bangsa. Selain itu, Jong Java Padvinderij juga telah berhasil mengadakan suatu konferensi yang bertujuan untuk menyatukan organisasi-organisasi kepanduan Indonesia. Upaya yang dilakukannya akhirnya membuahkan hasil dengan terbentuknya suatu embrio kepanduan nasional yaitu Kepanduan Bangsa Indonesia.

 

×
Penulis Utama : Riessa Dwi Aryanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0510037
Tahun : 2017
Judul : Peranan Jong Java Padvinderij (JJP) pada Masa Awal Pergerakan Nasional Tahun 1921-1930
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Jur. Ilmu Sejarah-C0510037-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Umi Yuliati, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.