Penulis Utama : Risma Maharani
NIM / NIP : C9614022
×

Penulisan Tugas Akhir ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan penulis untuk mengetahui bagaimanakah efektivitas penerapan metode drill dan permainan tebak kata untuk mempelajari kosakata bahasa Mandarin di SD Tripusaka, serta untuk mengetahui apa sajakah hambatan dan solusi untuk mengatasi kesulitan selama terjadinya proses pembelajaran.
Penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui metode observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Penulis mencoba meneliti secara langsung di SD Tripusaka, mencari referensi dari berbagai sumber dari perpustakaan, dan membuat dokumentasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
Hasil dari penelitian menunjukkan penerapan metode drill dan Tebak kata dapat meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Mandarin di SD Tripusaka. Hal ini  dapat  dilihat  dari  perbandingan  nilai  rata-rata siswa sebelum  dan  sesudah menggunakan metode drill dan tebak kata. Rata-rata nilai kelas V mengalami kenaikan dari 43,75 menjadi 56. Sedangkan nilai rata-rata kelas VI dari 31,67 naik menjadi 79,17.
Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill dan tebak kata dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin di SD Tripusaka Surakarta.

 

×
Penulis Utama : Risma Maharani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9614022
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Metode Drill dan Permainan Tebak Kata dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Mandarin di Kelas 5 & 6 SD Tripusaka Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : D-3 Sastra Tionghoa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Prog. DIII Bahasa Mandarin-C9614022-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dani Putri Septi K, B.Ed.,M.TCSOL
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.