Penulis Utama : M Romaryo Molana Malik
NIM / NIP : K7113134
×

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan model Visualization Auditory Kinestetic (VAK) dengan multimedia, (2) meningkatkan hasil belajar IPS tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V dengan menerapkan model Visualization Auditory Kinestetic (VAK) dengan multimedia di SD Negeri 1 Surotrunan tahun ajaran 2016/2017, (3) Mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model Visualization Auditory Kinestetic (VAK) dengan multimedia dalam peningkatan hasil belajar IPS tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 1 Surotrunan tahun ajaran 2016/2017.
    Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan dalam tiga siklus dengan enam kali pertemuan. Pada tiap pertemuan terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru kelas V dan siswa kelas V SD Negeri 1 Surotrunan yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu: observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penerapan model VAK dengan multimedia yaitu: (a) persiapan, (b)penyampaian, (c) pelatihan, (d) penampilan hasil, (2) penerapan model Visualization Auditory Kinestetic (VAK) dengan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Surotrunan tahun ajaran 2016/2017 yang dibuktikan dengan nilai hasil belajar, siklus I skor rata-rata siswa adalah 68,48 dengan persentase ketuntasan 65,27%. Siklus II meningkat dengan  skor rata-rata siswa menjadi 81,74 dengan ketuntasan 86,95 %. Skor rata-rata siswa pada siklus III juga meningkat menjadi 87,61 dengan ketuntasan 100%; (3) kendala penerapan model VAK dengan multimedia dalam meningkatkan hasil belajar IPS tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri yaitu guru belum terbiasa menggunakan perangkat multimedia, solusinya yaitu guru berlatih secara terus menerus untuk menggunakan perangkat multimedia.
    Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Visualization Auditory Kinestetic (VAK) dengan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 1 Surotrunan tahun ajaran 2016/2017.

 

×
Penulis Utama : M Romaryo Molana Malik
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113134
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Visualization Auditory Kinestetic (VAK) Dengan Multimedia Dalam Peningkatan Hasil Belajar IPS Tentang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Surotrunan Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7113134-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd
2. Drs. Imam Suyanto, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.