Penulis Utama : Widya Salis Masitha
NIM / NIP : K7113225
×

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode hypnoteaching dengan media grafis; (2) meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan metode hypnoteaching dengan media grafis; dan (3) menemukan kendala dan solusi dari penerapan metode hypnoteaching dengan media grafis dalam upaya peningkatan hasil belajar IPS tentang tentang perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kebumen tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dengan lima pertemuan yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Kebumen tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara yang bersumber dari guru, siswa dan dokumen. Validitas data diuji menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) langkah-langkah penerapan metode hypnoteaching dengan media grafis, yaitu: pacing, leading, modeling, menyajikan materi dengan media grafis, memberikan pujian, merefleksikan tujuan pembelajaran; (2) penerapan metode hypnoteaching dengan media grafis dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kebumen tahun ajaran 2016/2017 yang dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I hingga III, berturut-turut yaitu 77,5%; 87,5%; dan 95%; (3) kendala yang dihadapi antara lain: siswa bingung di awal pembelajaran, guru dan siswa belum terbiasa konsisten menggunakan kalimat yang membangun, pengelolaan waktu yang kurang baik. Adapun solusi, yaitu: guru mendekati siswa dan memberikan penekanan serta pengulangan kata-kata, guru dan siswa diminta untuk membiasakan menggunakan kalimat yang membangun, guru sesekali melihat jam dan memperingatkan ketika waktu kurang dari 5 menit di setiap tahap pembelajaran.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode hypnoteaching dengan media grafis dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kebumen tahun ajaran 2016/2017

 

×
Penulis Utama : Widya Salis Masitha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113225
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Metode Hypnoteaching Dengan Media Grafis Dalam Peningkatan Hasil Belajar Ips Tentang Perjuangan Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kebumen Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi PGSD-K7113225-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muh. Chamdani, M.Pd.
2. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.