Penulis Utama : Anggira Windyatri
NIM / NIP : H1815006
×

Abstrak


Indonesia merupakan negara agraris  yang kaya sumber daya alam dan mempunyai ketersediaan lahan yang luas untuk menunjang kegiatan pertanian. Sektor pertanian merupakan sektor penting dalam upaya pemenuhan kebutuhan bahan pangan penduduk Indonesia. Salah satu komoditas tanaman pangan yang dikembangkan  adalah  kedelai.  Kedelai  adalah  salah  satu  dari  sekian  banyak produk pertanian yang dibutuhkan dan diminati masyarakat di Indonesia, baik sebagai bahan makanan manusia, pakan ternak, dan bahan baku industri. Salah satu hasil olahan kedelai yang banyak berkembang di Indonesia yang dikonsumi masyarakat adalah kecap.
Metode dasar penelitian ini adalah deskriptif analitis. Lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purpossive) yaitu di PT. Lombok Gandaria Kabupaten Karanganyar. PT. Lombok Gandaria adalah perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan bahan pangan. Salah satu produknya  adalah  kecap  manis.  Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemasaran kecap manis, mengidentifikasi faktor internal dan eksternal, merumuskan alternatif strategi, dan menentukan prioritas strategi  guna meningkatkan volume penjualan kecap manis. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan pencatatan. Sumber informasi berasal dari key informan meliputi pemilik perusahaan, kepala bidang produksi, kepala bidang pemasaran, distributor, dan konsumen. Analisis data yang digunakan adalah Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks SWOT, dan Matriks QSPM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran kecap manis di PT. Lombok Gandaria berdasarkan Matriks IFE dan EFE memiliki kekuatan utama yaitu keunggulan kualitas rasa dan warna pada kecap manis, dengan skor bobot
0,452. Kemudian memiliki kelemahan utama yaitu pemasaran kecap manis masih tersaingi dengan produk lainnya, dengan skor bobot 0,071. Peluang utama yaitu permintaan  kecap  manis  meningkat  saat  menjelang  lebaran  dan  liburan  serta pangsa pasar kecap manis semua kalangan dan ancaman utamanya adalah persaingan harga dipasaran. Berdasarkan hasil matriks SWOT kuantitatif dapat diketahui bahwa PT. Lombok Gandaria terdapat pada kuadran I yaitu progresif. Hasil alternatif strategi matriks SWOT pendekatan kualitatif masuk pada posisi SO yang merupakan penggabungan dari kekuatan dan peluang. Hasil yang diperoleh   dari   alternatif   strategi   tersebut   adalah   Meningkatkan   kualitas manajemen  produk  ,  Meningkatkan  kemampuan  teknologi  untuk  menjangkau pasar   lebih   luas,   Memperluas   pangsa   pasar   untuk   meningkatkan   volume penjualan. Prioritas strategi tertinggi yang dapat diterapkan dalam kegiatan pemasaran kecap manis Lombok Gandaria berdasarkan analisis Matriks QSPM adalah strategi I, yaitu meningkatkan kualitas manajemen produk.


Kata Kunci : Kedelai, Kecap, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks SWOT, dan Matriks QSPM

×
Penulis Utama : Anggira Windyatri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H1815006
Tahun : 2017
Judul : Strategi Pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan kecap manis di Pt. Lombok Gandaria Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Agribisnis Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian-Jur. Agribisnis-H1815006-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si
2. R. Kunto Adi, S.P., M.P
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.