Penulis Utama : Dwi Amin Susanti
NIM / NIP : K3113017
×

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat kebutuhan dan kepentingan  terhadap  pengembangan  keterampilan  penyesuaian  gaya  hidup dengan kemampuan (2) mendeskripsikan hasil studi literatur mengenai keterampilan penyesuaian gaya hidup dengan kemampuan ekonomi dan teknik reframing, (3) menghasilkan prototipe-1 panduan layanan bimbingan penyesuaian gaya hidup dengan kemampuan ekonomi menggunakan teknik  reframing bagi siswa SMA untuk guru BK.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan desain dari Borg and Gall. Tahap penelitian ini hanya sampai tahap pra pengembangan yaitu pembuatan produk. Pengumpulan data dilakukan dengan angket tingkat kebutuhan dan kepentingan siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa  SMA  Se-Karesidenan  Surakarta.  Analisis  data  yang  digunakan  yaitu analisis statistik deskriptif dengan penyajian data dalam bentuk prosentase.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut ini. Pertama,ada kebutuhan dan kepentingan  siswa  terhadap  pengembangan  keterampilan  menyesuaikan  gaya hidup dengan kemampuan ekonomi menurut siswa, orang tua dan guru BK berdasarkan  hasil  kajian  teoritik  dan  kajian  empirik.  Hasil  kajian  teoritik mengenai penyesuaian gaya hidup dengan kemampuan ekonomi meliputi pengertian keterampilan penyesuaian gaya hidup dengan kemampuan ekonomi, faktor-faktor   pembentuk   gaya   hidup,pengertian   teknik   reframing,   langkah- langkah teknik reframing. Hasil kajian empirik menunjukkan 50,48% sangat membutuhkan dan 50,32% merasa sangat penting terhadap pengembangan keterampilan menyesuaikan gaya hidup dengan kemampuan ekonomi berdasarkan siswa, orang tua, dan guru BK. Kedua,berdasarkan hasil kajian empirik dan kajian teoritik dapat dikembangkan produk berupa Buku Panduan Keterampilan Penyesuaian Gaya Hidup dengan Kemampuan Ekonomi menggunakan Teknik Reframing untuk guru BK. Buku panduan tersebut masih berbentuk prototipe-1, sehingga masih perlu untuk diuji validitaskan, uji kepraktisan dan uji kefektifan. Oleh   karena   itu,   diharapkan   bagi   mahasiswa   Bimbingan   dan   Konseling Universitas Sebelas Maret untuk menindaklanjuti produk tersebut.

Kata  kunci:  Penyesuaian  Gaya  Hidup,  Kemampuan  Ekonomi,  Teknik
Reframing
 

×
Penulis Utama : Dwi Amin Susanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3113017
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Panduan Keterampilan Penyesuaian Gaya Hidup dengan Kemampuan Ekonomi Menggunakan Teknik Reframing Bagi Siswa SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.KIP-Prog. Bimbingan dan Konseling - K3113017-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Edy Legowo, M.Pd
2. Dra. Wardatul Djannah, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.