Penulis Utama : Rifka Zahara Sufyanti
NIM / NIP : K6413060
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui strategi yang dilakukan Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Pimpinan Cabang Klaten dalam memenuhi hak- hak politik perempuan, (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat  yang  dialami  Fatayat  Nahdlatul  Ulama  (NU)  Pimpinan  Cabang Klaten dalam menjalankan strategi pemenuhan hak politik perempuan.

Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti yaitu pendekatan deksriptif kualitatif dengan penelitian analisis dokumen/isi.Sumber data diperoleh dari informan, tempat, peristiwa dan dokumen. pengambilan subjek penelitian yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi, serta analisis dokumen. Guna memperoleh validitas data digunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan tahap-tahap sebagai berikut: 1) Pengumpulan data, 2) Reduksi data, 3) Sajian data, 4) Pengambilan Kesimpulan. Adapun prosedur penelitian dengan langkah-langkah sebagai  berikut:  1)  Persiapan,  2)  pengumpulan  data,  3)  analisis  data,  4) penyusunan laporan penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Strategi Fatayat Nahdlatul Ulama Pimpinan Cabang Klaten dalam pemenuhan hak politik  perempuan  pada  anggotanya  adalah  bekerjasama dengan  instansi    lain yaitu KPU, FKUB, dan PERSEPSI; melakukan pendampingan; dan pendidikan politik. (2) Faktor pendukung strategi Fatayat NU Pimpinan Cabang Klaten yaitu Fatayat mempunyai sikap politik yang jelas mengenai perempuan, dan adanya kerjasama atau hubungan baik dengan instansi lain. Adapun faktor penghambat dalam  strategi  Fatayat  NU  ini  yaitu  SDM  yang  belum  siap,  belum  memiliki sumber dana mandiri, dan lingkungan partai politik.


Kata kunci : Strategi, Fatayat NU, Hak Politik Perempuan

×
Penulis Utama : Rifka Zahara Sufyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6413060
Tahun : 2017
Judul : Strategi Fatayat Nahdlatul Ulama (Nu) Pimpinan Cabang Klaten Dalam Pemenuhan Hak Politik Perempuan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.KIP-Prog. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - K6413060-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Triyanto, S.H, M.H
2. Rima Vien PH, S.H, M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.