Penulis Utama : Anwar Sandi Wibowo
NIM / NIP : S501208040
×

Abstrak

Abstrak
LatarBelakang:Preeklampsiamerupakansalahsatukontributorutamamorbiditasdanmortalitaspadaibudanjanin. Ketidakseimbanganfaktorfaktoranti-angiogenikdanangiogenikmemilikiperanpadapatogenesispreeklampsia.Padapreeklampsiaterjadidisfungsiendotel yang menyebabkankerusakanendotel.PemberianL-Argininmemperbaiki proses remodeling arterispiralis yang terganggupadapreeklampsiaPenelitianinibertujuanuntukmembuktikanpengaruhpemberianL-Argininterhadapperbaikandisfungsiendotel yang dinilaidaridiameter danketebalanarterispiralis (Musmusculus) model preeklampsia.
Metode:Penelitianeksperimentalanalitikinidilakukanpada 30 mencitbetinaMusmusculusgalur Swiss yang bunting enambelashari, sehat, denganberatbadan 20-25 gram, untukmengetahuiperbedaanhistopatologi arterispiralis uterus mencit bunting normal (K(-)), mencit bunting model preeklampsia (K(+)) danmencit bunting model preeklampsia (P) danmendapatterapiL-Arginine. Pengambilansampelpreparatdilakukanpada uterus mencit yang sebelumnyatelah dibedahdandilakukanblok parafin kemudiandiberikan pewarnaan Hematoxylin Eosin (HE). Hasil dinilai secara semikuantitatif menurut metode Remmele yang sudah dimodifikasi, dimana indeks skala Remmele (Immuno Reactive Score/IRS) merupakan perkalian antara skor persentase sel immunoreaktif dengan skor intensitas warna pada sel immunoreaktif. Analisis data menggunakanujiKruskal Wallis dan Mann Whitney denganSPSS (Software Package for social Science) 21.
Hasil:RerataDiameter Arteri Spiralis K(-) 25.06 +4.94 per µm2, rerata Diameter Arteri Spiralis pada K(+) 16.64 + 3.68per µm2, dan rerata Diameter Arteri Spiralis pada (P)22.66+7,53 per µm2. RerataKetebalan Arteri Spiralis K(-)adalah53.95+ 26.96  per µm2, rerata Diameter Arteri Spiralis K(+)96.50 + 16.66 per µm2, dan rerata Diameter Arteri Spiralis (P)62.79+ 8.04per µm2. Didapatkan perbedaan signifikan pada kelompok normal dengan kelompok preeklampsia (p=0.001*), dan juga pada kelompok preeklampsia dengan kelompok perlakuan (p=0.000*) Namun pada kelompok preeklampsia dengan kelompok normal (p=1.000) tidak didapatkan perbedaan yang bermakna secara statistik. Hal ini jugamenunjukan bahwa terapi L-Arginin pada efektif untuk memperbaiki gejala preeklampsia khususnya kerusakan Arteri Spiralis model mencit preeklampsia.
Kesimpulan:TerbuktiadanyapengaruhpemberianL-Arginine terhadapkerusakanendotelarterispiralis: hiperplasiatunika intima danaterosispada uterus mencit (Musmusculus) model preeklampsiayaituberkurangnyahiperplasiatunika intima danaterosis.

Kata Kunci: L-Arginine,Arterispiralis,Preeklampsia.

 

×
Penulis Utama : Anwar Sandi Wibowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S501208040
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh L-Arginine Terhadap Kerusakan Endotel Arteri Spiralis pada Mencit Model Preeklampsia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Biomedik
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prog. Kedokteran Biomedik-S501208040-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.