Penulis Utama : Dwieky Anugerah
NIM / NIP : I0110035
×

ABSTRAK

 Gaya konsentris atau eksentris yang diberikan ke arah longitudinal elemen struktural sebuah beton disebut gaya prategang. Gaya prategang berfungsi untuk mengurangi atau mencegah berkembangnya retak akibat rendahnya kemampuan beton dalam menerima gaya tarik. Hotel Alila Surakarta memiliki elemen balok prategang yang berpenampang persegi panjang dengan dimensi balok 1m x 3m x 42m. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengoptimasikan luas penampang balok tersebut agar lebih efisien. Dari proses optimasi tersebut akan diperoleh hubungan antara parameter A (Luas Penampang), fc (Mutu Beton), dan P (Gaya Prategang).

Dalam penelitian ini, optimasi yang dilakukan menggunakan fungsi persamaan linear. Fungsi tujuannya adalah f(x) = x1.x2 dengan nilai x1 adalah lebar dan nilai x2 adalah tinggi penampang persegi panjang balok prategang. Fungsi konstrain yang digunakan diambil dari rumus tegangan pada beton prategang pada serat tertentu. Parameter fc (Mutu Beton) dan P (Gaya Prategang) diberikan dengan nilai yang bervariasi. Optimasi dilakukan dengan menggunakan program MATLAB dan Microsoft Excel.

Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh dimensi penampang baru dengan nilai x1 = 1m dan x2 = 2,6m. Hasil penelitian menunjukkan hubungan antara nilai A (luas penampang) dengan fc (Mutu Beton) dan nilai A (Luas Penampang) dengan nilai P (Gaya Prategang). Berdasarkan pola optimasi tersebut, apabila nilai fc semakin besar, maka nilai A akan semakin kecil. Begitu juga pola optimasi antara nilai A dan P, apabila nilai P semakin besar, maka nilai A akan mengecil.

Kata kunci : Balok Prategang, Gaya Prategang, Luas Penampang, Mutu Beton, Optimasi.

×
Penulis Utama : Dwieky Anugerah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0110035
Tahun : 2017
Judul : Optimasi Penampang Persegi Panjang pada Elemen Balok Prategang (Studi Kasus pada Hotel Alila Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2017
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Teknik Sipil-I0110035-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. S.A. Kristiawan ST, MSc, PhD
2. Edy Purwanto, ST, MT
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.