Penulis Utama : Zulfa Nailis Suroyya W
NIM / NIP : F1115041
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) menentukan zonasi rawan bencana banjir, (2) strategi adaptasi bencana banjir yang tepat dan efisien untuk Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan dua metode sekaligus yaitu metode kuantitatif dan kualitatif. Metode kuantitatif menggunakan permodelan analisis spasial Geographic Information System (GIS) menghasilkan peta zonasi rawan banjir dan metode kualitatif SWOT menghasilkan strategi adaptasi bencana.
Ruang lingkup wilayah yang dikaji adalah Kota Surakarta. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, dokumentasi dan telaah dokumen untuk mencari data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah penentuan faktor penimbang seluruh parameter, skoring dari empat parameter yaitu topografi, litologi, klimatologi dan penggunaan lahan kemudian overlay. Strategi adaptasi bencana banjir yang efisien didapatkan dari hasil analisis matriks Strength, Weakness, Opportunities and Threats (SWOT).
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) zonasi rawan banjir Kota Surakarta dibagi menjadi empat kelas yaitu; kelas sangat rendah meliputi Kecamatan Jebres bagian utara, kelas rawan rendah meliputi Kecamatan Laweyan bagian timur dan Kecamatan Banjarsari bagian utara, kelas rawan sedang meliputi keseluruhan Kecamatan Serengan dan Pasar Kliwon serta Kecamatan Banjarsari bagian tengah, kelas rawan tinggi hanya di Kecamatan Pasar Kliwon bagian selatan dan tidak ada wilayah berpotensi sangat tinggi terhadap banjir di Kota Surakarta. (2) strategi efisien yang didapatkan adalah peningkatan koordinasi antar instansi kebencanaan seperti Basarnas, BPBD dan PMI dibantu oleh Bappeda bekerjasama dengan masyarakat untuk mencegah terjadinya banjir ataupun antisipasi dini terhadap banjir.
Setelah dilakukan analisis dan mendapatkan hasil, diharapkan Kota Surakarta akan bebas dari banjir

 

×
Penulis Utama : Zulfa Nailis Suroyya W
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1115041
Tahun : 2017
Judul : Pemetaan Zonasi Rawan Banjir Kota Surakarta Provinsi Jawa Tengah Berbasis Geographic Information System (GIS) Untuk Adaptasi Bencana Tahun 2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ekonomi dan Bisnis- Prodi Ekonomi Pembangunan-F1115041-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bhimo Rizky Samudro, S.E., M.Si., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.