Penulis Utama : Nurul Fajri Mayalibit
NIM / NIP : H0413031
×

Abstrak

Benih merupakan salah satu faktor produksi yang menentukan keberhasilan budidaya tanaman padi. Penggunaan benih bersertifikat merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap peningkatan produktivitas padi. Oleh sebab itu, ketersediaan benih unggul padi bersertifikat bagi petani merupakan syarat utama. Benih unggul padi bersertifikat di Kecamatan Karangpandan disediakan oleh Balai Benih Padi Karangpandan. Adanya Balai Benih Padi di Kecamatan Karangpandan merupakan salah satu usaha untuk menjamin ketersediaan benih bersertifikat di daerah tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap petani terhadap benih unggul padi bersertifikat, menganalisis faktor-faktor pembentuk sikap, menganalisis hubungan antara faktor-faktor pembentuk sikap dengan sikap petani, serta menganalisis perbedaan sikap petani. Lokasi penelitian ini ditentukan secara sengaja (purposive) di Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar. Metode pengambilan sampel secara multi stage cluster random sampling. Pengelompokkan data menggunakan lebar interval. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara faktor-faktor pembentuk sikap dengan sikap petani terhadap benih unggul padi bersertifikat digunakan uji korelasi Rank Spearman (rs). Untuk mengetahui perbedaan sikap petani digunakan uji beda Wilcoxon dengan menggunakan program komputer SPSS 16,0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap petani padi terhadap benih unggul padi bersertifikat adalah sangat setuju (56,67%), setuju (36,67%) dan netral (6,67%). Faktor pembentuk sikap pada penelitian ini antara lain: umur responden berkategori tinggi, pendidikan formal berkategori rendah, pengalaman pribadi berkategori sedang, pengaruh orang lain yang dianggap penting berkategori sangat tinggi, dan pengaruh media massa berkategori sedang. Berdasarkan uji korelasi Rank Spearman pada taraf kepercayaan 95% menunjukkan bahwa hubungan tidak signifikan antara umur dan pengaruh media massa dengan sikap petani padi terhadap benih unggul padi bersertifikat. Terdapat hubungan signifikan antara pendidikan formal dengan sikap petani padi terhadap benih unggul padi bersertifikat namun berlawanan arah. Sedangkan pengalaman pribadi menunjukkan hubungan yang sangat signifikan namun berlawanan arah serta pengaruh orang lain yang dianggap penting menunjukkan hubungan sangat signifikan dan searah dengan sikap petani padi terhadap benih unggul padi bersertifikat. Berdasarkan uji beda Wilcoxon pada taraf kepercayaan 95% menunjukkan terdapat perbedaam sikap petani padi yang signifikan terhadap benih unggul padi bersertifikat antara petani yang jarak aksesnya dekat dari Balai Benih Padi Karangpandan dengan petani yang jarak aksesnya jauh dari Balai Benih Padi Karangpandan di Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar.

Kata Kunci : Benih Padi, Uji Beda Wilcoxon, Balai Benih, Uji Korelasi Rank Spearman

×
Penulis Utama : Nurul Fajri Mayalibit
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0413031
Tahun : 2017
Judul : Sikap Petani Padi Terhadap Benih Unggul Padi Bersertifikat di Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian-Prog. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian-H0413031-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Eksa Rusdiyana, SP, M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.