Penulis Utama : Yusuf Kurniawan
NIM / NIP : K4413073
×

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perencanaan pembelajaran pada penerapan pendidikan karakter melalui nilai-nilai keteladanan Ali bin Abi Thalib dalam pembelajaran SKI; (2) pelaksanaan pembelajaran pada penerapan pendidikan karakter melalui nilai-nilai keteladanan Ali bin Abi Thalib dalam pembelajaran SKI; (3) evaluasi pembelajaran pada penerapan pendidikan karakter melalui nilai-nilai keteladanan Ali bin Abi Thalib dalam pembelajaran SKI; (4) kendala dan solusi pada penerapan pendidikan karakter melalui nilai-nilai keteladanan Ali bin Abi Thalib dalam pembelajaran SKI terhadap peserta didik Kelas VIII SMP Al-Irsyad Surakarta.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilaksanakan dengan menekankan proses penerapan pendidikan karakter yang terintegrasi dalam pembelajaran SKI pada materi Ali bin Abi Thalib. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Data dikumpulkan melalui nara sumber, kegiatan pembelajaran, dan dokumen pembelajaran. Teknik validitas data yang digunakan adalah review informan dan triangulasi, yaitu triangulasi metode dan triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran termuat dalam RPP berbasis kurikulum 2013; (2) nilai-nilai keteladanan Ali bin Abi Thalib disampaikan kepada peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran dengan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Direct Intruction (DI) yang meliputi nilai kecerdasan, kerendahan hati, keberanian, tanggung jawab, kedermawanan, keadilan dan kesetaraan, kesederhanaan, kasih sayang, kebijaksanaan, kesabaran, dan kepemimpinan; (3) evaluasi pembelajaran terklasifikasi menurut Taksonomi Bloom yang meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik; (4) kendala pembelajaran muncul dari faktor komponen yang terdiri dari peserta didik, guru, dan sumber belajar, serta faktor teknis yang meliputi waktu pelajaran, pengawasan, dan sarana. Guru Sejarah Kebudayaan Islam mengatasi kendala dengan pendekatan personal, penugasan, variasi sumber belajar, penyesuaian model pembelajaran, dan melengkapi sarana mengajar.

Kata  Kunci : pendidikan  karakter, nilai  keteladanan Ali bin Abi Thalib, pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.

×
Penulis Utama : Yusuf Kurniawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4413073
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Nilai-Nilai Keteladanan Ali Bin Abi Thalib dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VIII SMP Al-Irsyad Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Sejarah-K4413073-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Saiful Bachri, M. Pd.
2. Isawati, S. Pd., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.