Penulis Utama : Muhammad Abdan Barrurrohim
NIM / NIP : I8214033
×

Abstrak

Surakarta adalah kota dengan penduduk berjumlah 512.226 orang pada tahun 2015. Jumlah penduduk sendiri terus meningkat tiap tahun. Kondisi ini menyebabkan peringkatan mobilitas penduduk sehingga keberadaan angkutan kota dapat membantu kelancarannya. Angkutan kota sebagai bagian dari transportasi umum ikut memegang peran penting dalam mendukung mobilitas penduduk di Kota Surakarta.

Pada studi ini dilakukan analisis terhadap indikator kinerja angkutan kota pada BST Koridor II Kota Surakarta. Tujuannya untuk mengetahui kinerja angkutan umum, memperoleh karakteristik pengguna, menghitung BOK dengan metode Pacific Consultant International (PCI), merekomendasikan penjadwalan, dan merekomendasikan pelayanan berdasarkan analisis data di lapangan.

Batasan masalah penulisan ini adalah studi hanya pada BST Koridor II Kota Surakarta (Pulang Pergi), evaluasi kinerja berdasarkan load factor, kecepatan operasional, kecepatan perjalanan, headway, dan waktu tunggu, matriks asal tujuan penumpang didasarkan pada sampel sebanyak 10?ri populasi yang di survey, rekomendasi penjadwalan hanya untuk hari kerja pada jam sibuk, dan pengambilan data dilakukan selama waktu operasi angkutan bus pada hari kerja dan libur, pada jam sibuk dan tidak sibuk.

Dari hasil perhitungan kinerja diperoleh nilai load factor yang standarnya sebesar 70?lum memenuhi standar kinerja dengan hasil 40,60%. Indikator kecepatan berada di atas standar yang ditetapkan yaitu 10-12 km/jam dengan hasil 30,20 km/jam untuk kecepatan operasional dan 20,12 km/jam untuk kecepatan perjalanan. Pada indikator headway, hasil di lapangan menunjukkan headway 12 menit atau di atas standar ideal 5- 10 menit. Standar waktu tunggu 5-10 menit dapat dipenuhi dengan hasil waktu tunggu di lapangan sebesar 6 menit. Analisis Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dengan metode PCI menghasilkan besar biaya pokok sebesar Rp 7. 198,199 per bus-km.dan perhitungan  tarif  sesuai  Keputusan  Direktur  Jenderal  Perhubungan  Darat  Nomor SK.687/AJ.206/DRJD/2002 dengan load factor 70% sebesar Rp 7.236,2841 per pnp dan tarif riil adalah Rp 4.500,sehingga relatif perlu disubsidi dengan pertimbangan- pertimbangan penting lain.

Kata Kunci : Kinerja angkutan umum, BOK, Pacific Consultant International

×
Penulis Utama : Muhammad Abdan Barrurrohim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8214033
Tahun : 2017
Judul : Studi Kinerja dan Biaya Operasional Kendaraan Batik Solo Trans (BTS) Koridor II Kota Surakarta dengan Metode PCI Model Performance Study and Vehicle Operating Cost Analysis of Batik Solo Trans (BST) Corridor II Surakarta using PCI Model Method
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2017
Program Studi : D-3 Teknik Sipil Transportasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Prog. DIII Teknik Sipil-I8214033-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dewi Handayani, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.