Penulis Utama : Hanan Fitrian Mutaqo
NIM / NIP : I0113055
×

ABSTRAK

Seiring dengan perkembangan dan kebutuhan perkerasan, tidak hanya difokuskan pada perkerasan  jalan  raya,  tapi  juga  perkerasan  yang  sangat fleksibel untuk kenyamanan pengguna jalan sesuai fungsinya. Misalnya penggunaan trotoar pada jogging track, persimpangan sepeda, taman bermain dan sebagainya. Karena kebutuhan alternatif jenis perkerasan, inovasi perkerasan yang nyaman tapi tahan lama sangat dibutuhkan. Inovasi alternatif yang bisa digunakan untuk jenis perkerasan ini adalah pemanfaatan ban bekas (crumb rubber) sebagai bahan pengganti konstruksi perkerasan., Crumb rubber (serbuk karet ban bekas) disini sebagai material alternatif pengganti agregat halus dalam pembuatan perkerasan jalan  karena  memiliki  nilai  elastisitas yang lebih  tinggi dibandingkan  agregat halus biasa. Tujuan inovasi ini diharapkan menjadi salah satu alternatif dalam mengatasi permasalahan dalam meningkatkan kualitas perkerasan dan mengurangi serta memanfaatkan limbah serbuk ban bekas yang jumlahnya sangat banyak di Indonesia.

Metode pembuatan campuran perkerasan tersebut dilakukan dengan mengganti 100%  agregat   halus   dalam   campuran   menggunakan   crumb   rubber. Jenis campuran yang dipakai dalam penelitian ini adalah Hot Rolled Asphalt (HRA) Pengujian campuran tersebut meliputi pengujian terhadap karakteristik marshall, permeabilitas , dan cantabro.

Hasil  analisis   dengan  pengujian  karakteristik   marshall,   permeabilitas,   dan cantabro mendapatkan  data  bahwa  pada  campuran  HRA  penggantian  agregat halus menggunakan crumb rubber memiliki nilai densitas, stabilitas, dan marshall quotient, yang cenderung turun, namun nilai flow untuk keduanya cenderung naik. Selain itu berdasarkan pengujian marshall, benda uji dengan agregat pengganti dapat kembali kebentuk semula setelah dilakukan pengujian. Hal ini mengindikasikan bahwa campuran menggunakan material crumb rubber lebih elastis dibandingkan dengan campuran biasa. Hal ini juga memungkinkan campuran menggunakan material crumb rubber lebih tahan terhadap deformasi dan retak.

Kata kunci : Crumb rubber, HRA, Marshall, Permeabilitas, Cantabro

×
Penulis Utama : Hanan Fitrian Mutaqo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0113055
Tahun : 2017
Judul : Studi Penggunaan Crumb Rubber sebagai Pengganti Agregat Halus untuk Hot Rolled Asphalt dengan Bahan Pengikat Aspal Modifikasi Polimer SBS E-55
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2017
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Teknik Sipil-I0113055-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Ary Setyawan , M.Sc., Ph.D.
2. Ir. Agus Sumarsono M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.