Penulis Utama : Bangkit Yogi Faedoni
NIM / NIP : K7113045
×

Tujuan Penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan langkah – langkah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning  (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SD Negeri Kemiri Kidul tahun ajaran 2016/2017; (2) Meningkatkan hasil belajar dalam penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning  (CTL) terhadap pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri Kemiri Kidul tahun ajaran 2016/2017; (3) Menemukan kendala dan solusi penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning  (CTL) terhadap pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri Kemiri Kidul tahun ajaran 2016/2017.
    Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan selama tiga siklus, maing – masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri atas empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Kemiri Kidul yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning  (CTL) dilaksanakan dengan menggunakan tujuh langkah sebagai berikut: (a) Kontruktivisme (proses membangun dan menyusun pengetahuan yang baru); (b) Inkuiri (upaya menemukan dalam memberikan penjelasan lebih lanjut); (c) Bertanya (keingintahuan siswa yang disampaikan kepada orang lain); (d) Masyarakat Belajar (mewadahi komunikasi untuk bekerja sama); (e) Pemodelan (memberikan proses pembelajaran dengan yang memberikan suatu contoh peragaan); (f) Refleksi (memberikan tanggapan tentang kegiatan yang telah dipelajari).; (g) Penilaian sebenarnya (kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam mengumpulkan suatu informasi tentang bagaimana perkembangan belajar siswa); (2) penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning  (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Kemiri Kidul dibuktikan dengan persentase ketuntasan tes siswa siklus I sebesar 52,78% yang tuntas; selanjutnya pada siklus II menjadi 77,78%; dan yang selanjutnya siklus III meningkat lagi sebesar 91,67%; dan (3) kendala pelaksanaan yaitu dalam peragaan siswa berani menjawab pertanyaan guru dengan benar, tetapi kesulitan dalam mengerjakan soal yang diberikan guru. Solusi dari kendala yang muncul yaitu memberikan penguatan dan pemahaman melalui bimbingan motivasi kepada siswa yang masih kesulitan dalam memahami materi. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning  (CTL)  dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Kemiri Kidul.

 

×
Penulis Utama : Bangkit Yogi Faedoni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113045
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Kemiri Kidul Tahun ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi PGSD-K7113045-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Suripto, M.Pd
2. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.